Beranda » Liarnya Planet dalam Sistem Upsilon Andromeda

Liarnya Planet dalam Sistem Upsilon Andromeda

Ketika kita disuguhkan akan sistem keplanetan tentunya pemikiran dan gambaran dalam imajinasi yang muncul adalah sebuah bintang pusat dan planet-planet yang mengitarinya. Planet-planet tersebut dalam gambaran umum tentunya mengorbit sang bintang dalam lintasan yang berada pada satu bidang.

Planet itu orbitnya berbeda ..
Ternyata gambaran umum yang ada selama ini tak bisa menjadi gambaran keseluruhan dari sistem keplanetan karena pada kenyataannya ada sistem yang memiliki gambaran orbit yang berbeda. Penemuan sistem keplanetan yang di luar gambaran tersebut menunjukan keberadaan orbit 2 planet dengan sudut yang tajam satu sama lainnya.

Sistem keplanetan Upsilon Andromeda A. kredit : NASA, ESA, and A. Feild (STScI)

Penemuan mengejutkan dari tim astronom yang dipimpin oleh Barbara McArthur dari The University of Texas di Austin McDonald Observatory, akan sangat mempengaruhi teori evolusi sistem multi planet sekaligus menunjukan suatu kejadian besar yang terjadi dapat mengganggu orbit planet pada sistem tersebut setelah sistem keplanetan ini terbentuk.

Tak hanya itu, penemuan ini juga harus mengubah paradigma berpikir manusia dalam pembelajaran sistem exoplanet di masa depan. Para peneliti tak lagi bisa mengasumsikan semua planet berda pada bidang orbit yang sama dengan bintang induknya.

McArthur dan timnya menggunakan data dari Hubble Space Telescope (HST), Teleskop Hobby-Eberly raksasa dan gabungan beberapa teleskop landas bumi untuk bisa melakukan pengamatan pada sistem keplanetan di sekeliling bintang Upsilon Andromeda.

Upsilon Andromeda Setelah Satu Dekade
Lebih dari satu dekade lalu, tepatnya di tahun 1996, para astronom menemukan 3 planet seukuran Jupiter tengah mengorbit bintang katai putih-kuning Upsilon Andromeda. Upsilon Andromeda berada pada jarak 44 tahun cahaya, sedikit lebih muda, lebih masif dan lebih terang dibanding Matahari.

Hasil kombinasi data dari HST dan hasil pengamatan landas Bumi, massa 2 planet dari 3 planet yang ada di Upsilon Andromeda berhasil ditentukan. Massa Ups And c dan d berhasil diketahui dan tak hanya itu, kedua planet ini memiliki kemiringan orbit 30 derajat satu sama lainnya. Menarik, karena keduanya merupakan pasangan planet pertama yang memiliki inklinasi mutual. Bahkan tim ini berhasil mengindikasi keberadaan planet ke-4 aka planet Ups And e, yang mengorbit sang bintang dari kejauhan.

Evolusi Sistem Upsilon Andromeda
Sebagaimana sistem keplanetan lainnya, sistem di Upsilon Andromeda juga mengalami proses pembentukan yang sama dengan sistem Tata Surya. Perbedaan diduga terjadi pada proses ahir pembentukan yang juga membawa sistem ini memiliki evolusi yang berbeda.

Perbandingan Tata Surya dan Sistem Upsilon Andromeda A. kredit : NASA, ESA, and A. Feild (STScI)

Sistem keplanetan Upsilon Andromeda terbentuk dalam piringan koplanar seperti halnya Tata Surya. Secara umum proses pembentukan sistem keplanetan dimulai dari awan gas raksasa yang runtuh membentuk bintang dan planet-planetnya. Materi yang tersisa kemudian membentuk piringan. Di Tata Surya, terdapat fosil hasil pembentukan tersebut karena orbit ke-8 planet berada pada bidang yang hampir sama.