fbpx
langitselatan
Beranda » Asteroid Tertangkap Sedang Melintas Nebula Berudu

Asteroid Tertangkap Sedang Melintas Nebula Berudu

Citra terbaru yang diambil oleh Wide-field Infrared Survey Explorer (WISE) milik NASA menunjukkan nebula Tadpole (Berudu), pusat pembentukan bintang di rasi Auriga yang berada 12000 tahun cahaya dari Bumi.

Ceritanya, ketika WISE sedang mengamati langit dan menangkap mosaik langit dari gabungan beberapa citra, ia melihat keberadaan asteroid di Tata Surya yang sedang lewat. Asteroid tersebut dikenal dengan nama 1719 Jens, meninggalkan jejak disepanjang citra sehingga tampak sebagai garis titik-titik kuning-hijau dalam kotak di dekat area pusat. Asteroid kedua yang dilihat WISE adalah 1992 UZ5, juga tampak sedang menjelajahi langit, dan ditandai oleh kotak di bagian kiri atas pada citra yang diambil WISE.

Nebula Berudu yang dipotret WISE bersama 2 asteroid yang sedang melintas. Kredit : NASA

Apa cuma itu? tidak juga.
WISE juga menangkap 2 satelit tengah mengorbit di atas WISE, melintas di sepanjang citra dalam jejak berwarna hijau yang lemah. Gerak semu asteroid tampak lebih lemah dari satelit karena asteroid berada pada jarak yang lebih jauh sehingga hanya tampak sebagai titik – titik yang bergerak dari frame citra yang satu ke lainnya dan tidak tampak sebagai garis yang melintas pada frame tunggal.

Area Berudu aka Tadpole ini merupakan gumpalan yang dipenuhi bintang yang masih sangat muda, dengan usia hanya beberapa juta tahun. Bisa dikatakan bintang-bintang ini masih bayi dengan massa lebih dari 10 kali massa Matahari.

Nebula Berudu
Mengapa disebut Nebula Berudu? Hal ini dikarenakan nebula ini memiliki massa yang panas, berasal dari bintang muda yang menghembuskan radiasi ultraviolet keluar dan membagi gas yang ada menjadi dua bubungan berbentuk berudu. Keduanya dikenal sebagai Sim 129 dan Sim 130. Berudu ini tampak sebagai garis berlekuk-lekuk warna kuning di area pusat. Sedangkan area tergelung pada bagian kepala diperkirakan berisi bintang muda yang baru lahir.

Keberadaan WISE dengan mata inframerahnya-lah yang memungkinkan manusia dapat melihat ke dalam area yang tersembunyi seperti ini, dan melihat bintang yang bersembunyi di baliknya.

Asteroid Yang Ditangkap WISE
Asteroid yang dilihat WISE dan tertangkap sedang melintas dalam citra yang diambil merupakan asteroid yang mengorbit di sabuk asteroid yang berada di antara Mars dan Jupiter. Asteroid 11719 Jens ditemukan tahun 1950, memiliki diameter 19 km, berotasi setiap 5,9 jam dan mengorbit Matahari setiap 4,3 tahun.

Kredit : NASA

Baca juga:  Kala Asteroid Antarbintang A/2017 U1 Singgah di Tata Surya Kita
Avivah Yamani

Avivah Yamani

Tukang cerita astronomi keliling a.k.a komunikator astronomi yang dulu pernah sibuk menguji kestabilan planet-planet di bintang lain. Sehari-hari menuangkan kisah alam semesta lewat tulisan dan audio sambil bermain game dan sesekali menulis makalah ilmiah terkait astronomi & komunikasi sains.

Avivah juga bekerja sebagai Project Director 365 Days Of Astronomy di Planetary Science Institute dan dipercaya IAU sebagai IAU OAO National Outreach Coordinator untuk Indonesia.

1 komentar

Tulis komentar dan diskusi di sini