Beranda » Asam Amino Pembentuk Kehidupan Dari Luar Angkasa

Asam Amino Pembentuk Kehidupan Dari Luar Angkasa

Pencarian kehidupan di luar Bumi maupun bagaimana sebuah kehidupan bisa muncul masih terus dilakukan. Contoh-contoh dari luar angkasa pun dibawa untuk diteliti. Kali ini, para peneliti NASA berhasil menemukan glycine, sebuah balok komponen pembentuk kehidupan dan contoh komet Wild 2 yang dibawa oleh pesawat ruang angkasa Stardust milik NASA.

Ilustrasi Stardust saat akan melewati komet. Kredit : NASA/JPL

Glycine adalah asam amino yang digunakan organisme hidup untuk membuat protein. Dan untuk pertama kalinya asam amino ini ditemukan di komet. Penemuan ini menjadi dukungan penting pada teori yang menyatakan sebagian bahan kehidupan dan bahan-bahan dasar pembentuk kehidupan terbentuk di ruang angkasa dan dibawa ke Bumi saat terjadinya bombardir meteor dan komet di masa lalu. Tak hanya itu, penemuan ini juga bisa menguatkan juga pernyataan yang sudah lama ada yakni kehidupan tidaklah langka melainkan umum di alam semesta.

Dalam kehidupan manusia, protein bisa dikatakan merupakan molekul pekerja dalam kehidupan. Ia ada dalam segala hal mulai dari struktur rambut hingga enzim, ia juga katalis yang mempercepat dan mengatur reaksi kimia. Sama seperti ke 26 abjad yang kemudian dalam berbagai kombinasi bisa mengahsilkan jutaan kata-kata, kehidupan menggunakan 20 asam amino yang berbeda dalam berbagai kombinasi untuk membangun jutaan protein berbeda.

Stardust, dalam perjalanan ruang angkasanya melewati area gas dan debu berkerapatan tinggi yang melingkupi inti es Wild 2 pada tanggal 2 Januari 2004. Saat pesawat ini melewati materi tersebut, Stardust mengambil contoh gas dan debu tersebut dengan kisi khusus yang diisi aerogel – materi seperti sepon yang 99% materinya merupakan ruang kosong -. Kisi tersebut  dimuat di dalam kapsul yang kemudian dilepaskan dari pesawat dan terjun dengan parasut menuju Bumi pada tanggal 15 Januari 2006. Semenjak saat itu, para peneliti di seluruh dunia mulai menganalisis contoh yang dibawa untuk mengungkap rahasia pembentukan komet dan sejarah Tata Surya.

Menurut Dr. Jamie Elsila dari NASA Goddard Space Flight Center, Greenbelt, Md, analisa awalnya dilakukan pada alumunium foil yang ada di sisi ruang kecil yang memiliki aerogel di kisi tersebut. Saat molekul gas melewati aerogel, sebagian akan tersnagkut di kertas timah tersebut. Analisa ini tidak dilakukan dengan cepat. Butuh 2 tahun untuk menguji dan mengembangkan peralatan yang ada untuk mendapatkan hasil yang akurat dan memiliki sensitivitas yang cukup.

Analisis awal di laboratorium Goddard menunjukan keberadaan glycine di alumunium dan pada contoh aerogel. Masalah yang muncul kemudian, glycine merupakan komponen yang memang digunakan pada kehidupan terrestrial, sehingga pada awalnya tim yang dipimpin Elsila tidak dapat memisahkan kontaminasi dari sumber yang ada di Bumi. Karena bisa saja glycine yang ditemukan ini berasal justru dari Bumi saat pabrikasi pesawat ruang angkasa Stardust.