Beranda » Ketika Herschel Membuka Mata Pertama Kalinya

Ketika Herschel Membuka Mata Pertama Kalinya

Untuk pertama kalinya sejak diluncurkan pada bulan Mei 2009, Herschel membuka matanya dan menangkap keindahan M51, “galaksi pusaran” dengan Photoconductor Array Camera and Spectrometer sebagai uji coba pertamanya.

Citra yang didapat dalam tiga warna secara jelas menunjukkan kehebatan Herschel sebagai teleskop infra merah terbesar yang pernah diterbangkan. M51 atau “whirlpool galaxy” ditemukan Charles Messier pada tahun 1773 di rasi Venatici dan merupakan galaksi pertama yang ditemukan dan diketahui memiliki struktur spiral.

Citra yang diambil Herschel berasal dari 3 pengamatan berbeda pada 70, 100 dan 160 mikron dan di ambil oleh Photoconductor Array Camera and Spectrometer (PACS) pada tanggal 14 dan 15 Juni 2009.

Citra tiga warna M31 yang diambil Herschel, yang merupakan representasi warna RGB pada masing-masing panjang gelombang 160-mikron, 100-mikron dan 70-mikron pada Herschel’s Photoconductor Array Camera and Spectrometer, PACS . Kredit : ESA and the PACS Consortium
Citra tiga warna M51 yang diambil Herschel, yang merupakan representasi warna RGB pada masing-masing panjang gelombang 160-mikron, 100-mikron dan 70-mikron pada Herschel’s Photoconductor Array Camera and Spectrometer, PACS . Kredit : ESA and the PACS Consortium
Perbandingan citra M51 yang diambil teleskop inframerah Spitzer (kanan) dan Herschel (kiri). Kredit :  Credits: kiri: NASA/JPL-Caltech/SINGS, kanan: ESA  dan PACS Consortium
Perbandingan citra M51 yang diambil teleskop inframerah Spitzer (kanan) dan Herschel (kiri). Kredit : Credits: kiri: NASA/JPL-Caltech/SINGS, kanan: ESA dan PACS Consortium

Sekilas citra M51 dari Herschel pada panjang gelombang 70, 100, 160 mikron. Dari citra yang dihasilkan tampak pada panjang gelombang yang lebih pendek, citra jauh lebih tajam. Dan hasil uji coa menunjukkan kondisi Herschel sesuai dengan yang diharapkan para peneliti.

Citra inframerah M51 pada 3 panjang gelombang (160, 100 and 70 mikron). kredit : ESA da PACS konsorsium