Vernal Equinox Di Borobudur

Beberapa waktu yang lalu, sekelompok kecil tim dari langitselatan melakukan riset di Borobudur, tepatnya pada saat Vernal Equinox, yaitu pada waktu ketika terjadi perpotongan dua garis ekliptika dan ekuator langit. Saat matahari berada di titik ini, maka lamanya siang dan malam akan sama yaitu masing-masing 12 jam.Titik vernal equinox disebut juga Titik Aries, dan merupakan titik acuan bagi koordinat langit. Seluruh koordinat bintang, dalam sistem ekuatorial, dihitung dari titik ini.

Berbekal pengetahuan tersebut, maka tim mencoba melakukan pengukuran dan penelitian untuk mendapatkan sebuah hubungan, apakah Borobudur mempunyai kaitan dengan astronomi? Tentunya tidak mudah menjawab pertanyaan tersebut, dan itu adalah tujuan utama dari riset di Borobudur, yang hasilnya akan disampaikan kemudian, tetapi untuk saat ini, marilah kita nikmati foto-foto keindahan astronomi dari Borobudur.

Borobudur
Jelang matahari terbit di Borobudur. kredit : Irma
Borobudur
Borobudur saat menjelang Matahari terbit. Kredit : tupang
Sunrise d Borobudur
Matahari terbit di Borobudur. kredit : nggieng
Borobudur
Fajar di Borobudur. kredit : Irma
Borobudur
Borobudur. Krdit : hanief
Borobudur
Saat Vernal Equinox di Borobudur. Kredit : nggieng
Borobudur
Vernal Equinox di Borobudur. kredit : Hanief
Borobudur
Vernal Equinox di Borobudur. kredit : Hanief
Borobudur
Matahari di balik Stupa. Kredit : nggieng
Borobudur in red
Borobudur in red. kredit : nggieng
Borobudur in Red
Borobudur in red. kredit : nggieng
langit malam di Borobudur
langit malam di Borobudur. Kredit : Hanief

Ditulis oleh

Emanuel Sungging

Emanuel Sungging

jebolan magister astronomi ITB, astronom yang nyambi jadi jurnalis & penulis. Punya hobi dari fotografi sampe bikin komik, pokoknya semua yang berhubungan dengan warna, sampai-sampai pekerjaan utamanya adalah seperti dokter bedah forensik, tapi alih-alih ngevisum korban, yang di visum adalah cahaya, seperti juga cahaya matahari bisa diurai jadi warna cahaya pelangi. Maka oleh nggieng, cahaya bintang (termasuk matahari), bisa dibeleh2 dan dipelajari isinya.

23 thoughts on “Vernal Equinox Di Borobudur

  1. Bagus-bagus potonya. Tapi saya curiga ada yang pakai N**k*n milik OB ya?
    Sayah familiar dengan kamera itu, jadi udah paham aja kalau keliatan banget kotorannya 🙁

  2. sampe apal gitu ed? iya keknya sih pake yg dr OB. soalnya selain kamera2 pribadi setau gue yg kesono juga bawa alat2 dr OB.

  3. Waktu ngamat terakhir kalinya, saya pernah bilang ke pak Dhani. Konon—kata mas Irfan—cuma pak Dhani yang tau cara ngebersihinnya.

    Lagian itu yang kotor sensornya, gara-gara sering dipake dengan exposure time gede. Susah uy … 🙁

  4. oh ndak, itu kebetulan ada satu stupa yg dibuka menghadap ke timur Ed, matahari terbit, cuman kita mengambil dr bbrp sudut .. 😀

  5. yoi bagus2 nih fotonya *ngiler*
    btw itu foto ke 2, matahari di balik apa ya? ada bayangan gelapnya

  6. Huft,

    Kalian ngomongin ap q kgak mudeng,,
    Eh ku kasih info seputar benda” ato kejadian” di luar angkasa gitu dunkz,
    Cz kyaknya ku tertarik ama astronomi, tapi d skolah ga d ajarin,
    Mau beli buku kgak pnya duit, ne aja internetan d hp, hp model lama pula,
    “(Hehe, malah curhat. . .)”
    Tlong ea yg pnya info krim email [email protected]

    1. nanti ada dipublikasikan kok hasil penelitiannya .. kl mau informasi yg lbh detil, silakan hubungi mbak Irma aja (penulis di ls jg) yg melakukan penelitian

Tinggalkan Balasan ke ivie Batalkan balasan