fbpx
langitselatan
Beranda » International Year Astronomy 2009

International Year Astronomy 2009

Seluruh pencinta Astronomi, bersiaplah menyambut Tahun Astronomi Internasional 2009. Banyak persiapan tengah dilakukan di berbagai belahan dunia, tak ketinggalan juga di Indonesia. Sederet acara sedang dipersiapkan dan akan digulirkan tahun depan, karena itu, bersiaplah untuk turut bergabung. Trailer resmi untuk menyambut tahun astronomi tersebut sudah dirilis. Selamat menikmati.

Tahun astronomi tidak ditujukan untuk hura-hura, tapi untuk memperkenalkan astronomi dalam berbagai ranah. Kegiatan ini juga memperkenalkan jika astronomi bukan ilmu yang eksklusif, tapi bisa berintegrasi dengan ilmu-ilmu lainnya. Tak percaya? Dalam kehidupan sehari-hari, astronomi digunakan dalam menentukan waktu. Kalender di rumah Anda adalah bagian dari pekerjaan para astronom. Sementara, astronomi dalam sejarah … bagaimana mungkin? Ternyata, memang berkaitan erat! Tak percaya? Astronomi punya banyak keterkaitan dengan sejarah budaya perkembangan manusia. Contohnya dalam kebudayaan Maya di Yucatan.

Suku Maya di Yucatan menggunakan Matahari untuk menentukan penanggalan setiap peristiwa yang mereka alami. Bagaimana dengan Indonesia? Saat ini, berbagai penelitian tengah dilakukan untuk mengetahui keterkaitan sejarah dan kebudayaan kuno di Indonesia dengan astronomi. Bukan cuma di Indonesia, tapi di belahan dunia lain pun begitu. Pada tahun 2009, Prof. Noiro Kaifu dari Jepang bersama negara-negara di Asia akan menulis sebuah buku yang berisi kumpulan kisah sejarah dan budaya yang terkait astronomi.

Jadi … jangan sampai ketinggalan!

Baca juga:  Mata Yang Mengarah ke Angkasa
Avivah Yamani

Avivah Yamani

Tukang cerita astronomi keliling a.k.a komunikator astronomi yang dulu pernah sibuk menguji kestabilan planet-planet di bintang lain. Sehari-hari menuangkan kisah alam semesta lewat tulisan dan audio sambil bermain game dan sesekali menulis makalah ilmiah terkait astronomi & komunikasi sains.

Avivah juga bekerja sebagai Project Director 365 Days Of Astronomy di Planetary Science Institute dan dipercaya IAU sebagai IAU OAO National Outreach Coordinator untuk Indonesia.

5 komentar

Tulis komentar dan diskusi di sini

  • ok tq informasinya. btw, indonesia ga punya situs nasional untuk publikasi IYA 2009 ini yak. hairan

  • untuk situs dari Indonesia sedang dipersiapkan oleh pihak IYA2009 node Indonesia. mudah2an dalam waktu beberapa minggu ke depan sudah siap untuk dinikmati.

  • Yup, betul Dhilla, Indonesia ikut berpartisipasi…Langitselatan juga dipercaya memegang beberapa kegiatan penting nanti di tahun 2009 dengan pusat koordinasi IYA Indonesia berada di Program Studi Astronomi ITB. Jadi, silakan Dhilla nanti ikut berpartisisi juga ikut dalam acara-acara yang akan digelar nantinya…Mohon doa dan dukungannya yach.. =)