Beranda » Kemungkinan Tabrakan di Mars Menipis

Kemungkinan Tabrakan di Mars Menipis

Untuk mendapatkan akurasi tabrakan antara asteroid 2007 WD5 dan Mars, semenjak tanggal 29 desember – 2 Januari pengamatan lanjutan telah dilakukan. Hasilnya, rentang kemungkinan dari jejak asteroid untuk menabrak Mars semakin menipis. Selain itu jejaknya juga bergeser menjauh dari planet merah tersebut. Akibatnya kemungkinan terjadinya tabrakan semakin menipis dengan kesempatan 1 berbanding 28 (sebelumnya sempat dinyatakan 1 berbanding 25) atau turun jadi 3,6 % (sebelumnya 3,9 %).

Pengamatan yang etrbaru ini dilakukan menggunakan teleskop 2,4 m di New Mexico Tech’s Magdalena Ridge Observator. Dan tampaknya observasi tambahan akan semakin memperkecil ketidakpastian area dari asteroid 2007 WD5 dan bahkan diperkirakan area yang akan dilewati WD5 tidak akan berpotongan dengan Mars. Atau dengan kata lain kemungkinan tabrakan dengan Mars tidak akan pernah terjadi.

Berita baru ketidakpastian area yang akan dilewati 2007 WD5 pada pertemuannya dengan Mars.

sumber : NEO JPL NASA