Beranda » Membangun Berbagai Model Planet Bumi

Membangun Berbagai Model Planet Bumi

Seperti apakah dunia di luar Tata Surya? Apakah ada kehidupan di luar sana? Bagaimana dengan kemungkinan planet yang memiliki kehidupan? Itulah pertanyaan yang seringkali muncul dan liar bermain dalam angan dan imajinasi setiap orang. Bahkan dalam film-film seperti Star Wars, planet fiktif yang dibuat memiliki hutan, laut, gurun, maupun gunung api. Padahal kita tahu bahwa sampai saat ini pencarian akan planet yg mirip Bumi lebih banyak bertumpu pada apakah planet tersebut memiliki air atau tidak.

Ilustrasi planet serupa Bumi di bintang lain. Kredit : NASA.

Nah kali ini, para peneliti dari MIT, NASA dan Carniege mencoba memberi gambaran yang lebih luas mengenai planet-planet berukuran Bumi yang mungkin bisa ditemukan para astronom di masa mendatang. Mereka membangun 14 model planet padat (solid planet) yang mungkin terdapat di dalam Galaksi Bimasakti. Ke-14 model planet tersebut memiliki tipe yang berbeda dengan ukuran yang berbeda berdasarkan massa yang diberikan. Dari model yang dibangun tersebut sebagian merupakan planet bertipe air murni dalam bentuk cair (water planet), carbon, silikat, carbon monoksida, dan silikon karbit. Sementara sebagian lainnya merupakan planet yang mengandung campuran senyawa-senyawa tersebut.

Dalam melakukan pemodelan ini, tim peneliti memberikan pertimbangan terhadap berbagai kemungkinan yang bisa dimiliki sbeuah planet yang terbentuk berdasarkan komposisi kandungan piringan proto planet yang ada disekeliling bintang muda.

Dengan mempelajari perbedaan yang ada diantara planet-planet raksasa di dalam sistem ekstrasolar, tim ini membangun dasar kemungkinan planet kecil yang bisa terbentuk. Dengan demikian bisa diketahui dimana planet-planet tersebut ditemukan. Contohnya, planet carbon dan planet carbon monoksida akan dapat ditemukan mengitari bintang seperti katai putih dan pulsar, atau bisa juga mereka terbentuk pada piringan yang kaya kaya carbon seperti yang mengitari Beta Pictoris. Namun bagaimanapun juga, sebuah model tetap menjadi model sebelum ada pembuktian dan jawaban nyata yang diberikan oleh hasil pengamatan.

Gambaran ukuran relatif 6 planet yang berbeda komposisinya. Kredit: NASA.

Tim ini juga menghitung gaya gravitasi yang akan memadatkan planet dengan berbagai komposisi tersebut. Hasilnya adalah prediksi diameter yang bisa dimiliki oleh model planet dnegan massa dan komposisi yang sudah ditentukan.

Contoh, planet dengan 1 massa bumi yang terdiri dari air murni akan memiliki diameter 15288 km, sedangkan dengan massa yang sama untuk planet bertipe besi akan memiliki diameter 4828 km. sebagai perbandingan, Bumi yang sebagian besar terdiri dari silikat memiliki diameter 12755 km.

Beberapa hasil memang seperti yang diharapkan, seperti planet air murni memang memliki kerapatan yang sangat kecil untuk planet padat. Sementara di sisi lain, planet besi memiliki kerapatan yang tinggi dalam jajaran planet padat. Namun demikian, ada hal mengejutkan yang ditemukan, yakni tak peduli apapun materi pembentuk planet, hubungan massa diameter akan mengikuti pola yang sama. Semua materi akan mengalami pemadatan dalam cara yang sama akibat strukturnya yang padat.