Langit Malam Ini: Tiga Planet dan Sebuah Purnama

Lihatlah ke barat saat Matahari tenggelam tanggal 30 Juni. Akan terlihat sebuah ‘bintang’ terang di sebelah barat. Amat terang berkilau. ‘Bintang’ itu adalah bintang kejora, atau dikenal juga sebagai bintang senja (saat ia terlihat senja hari). Bintang kejora ini tak lain adalah planet Venus, planet yang orbitnya paling dekat dengan orbit Bumi. Tak jauh dari planet Venus ini, kurang dari satu derajat kearah kanan atas, ada sebuah lagi titik cahaya yang agak terang. Ia bukan bintang, tapi juga sebuah planet, yaitu planet Saturnus. Sepasang planet ini menghiasi langit senja kita untuk beberapa waktu. Bagi pengamat yang berada di Bandung dan sekitarnya, keadaan langit senja bagian barat bisa dilihat pada gambar berikut (klik untuk melihat yang lebih besar):

west.jpg

Saat pasangan Venus dan Saturnus di langit barat ini mulai semakin rendah ketika langit semakin gelap, sebuah titik cahaya lain di arah timur, akan mulai terlihat mencolok (lihat gambar kedua di bawah, klik untuk yang lebih besar). Objek terang yang berada di langit timur (di sekitar rasi Scorpius) pada awal malam ini, juga sebuah planet. Ia adalah planet yang paling besar dalam tata surya, planet Jupiter. Venus, Saturnus, dan Jupiter akan menghias indah langit senja dan ini masih ditambah dengan penampakan bulan yang hampir purnama sempurna sekitar 26 derajat di kanan-bawah Jupiter. Sungguh sebuah suguhan pemandangan langit yang indah.

east.jpg

Pasangan Venus dan Saturnus akan mencapai jarak terdekatnya pada tanggal 1 Juli. Saat mencapai jarak terdekatnya in, kedua planet terpisah di langit malam sejauh 39 menit busur. Jarak itu sedikit lebih besar dari garis tengah bulan purnama rata-rata. Pada hari-hari berikutnya, Venus akan bergerak ke arah timur relatif terhadap bintang-bintang. Sementara Saturnus juga bergerak ke arah timur relatif terhadap bintang-bintang, tapi dengan kecepatan yang lebih lambat dibandingkan Venus, sehingga jarak keduanya semakin menjauh. Tapi sekitar awal Agustus, Venus akan bergerak berbalik arah, menuju ke arah barat dan sempat berpapasan dengan Saturnus. Dan akhirnya pada awal September, Venus kembali bergerak ke arah timur dan menyusul Saturnus dan kembali jarak keduanya mendekat, mencapai jarak terdekat sejauh hampir 3 derajat pada tanggal 14 Oktober. Mulai pertengahan Agustus, Venus akan menjadi bintang fajar. Venus dan Saturnus hanya bisa diamati sesaat sebelum Matahari terbit.

Tanggal 30 Juni ini, Bulan terbit pukul 17:32 WIB bagi pengamat yang berada di Bandung, dalam keadaan hampir purnama. Fase purnama sempurna terjadi pada pukul 20:48 WIB

Ditulis oleh

F. M. Simatupang

F. M. Simatupang

Staf pengajar di Program Studi Astronomi ITB, dengan latar belakang Kosmologi, Galaksi, dan Astronomi Dasar. Selain itu, menggemari hal-hal terkait UFO dan metafisika, serta penggemar berat komik amerika dan penikmat film.