Beranda » Petak Umpet Kandidat Planet di Piringan TW Hydrae

Petak Umpet Kandidat Planet di Piringan TW Hydrae

Para astronom menemukan bukti area konstruksi planet di sekeliling bintang muda TW Hydrae (TW HYa) yang berada 200 tahun cahaya dari Bumi.

Piringan gas dan debu di sekeliling bintang muda dan 2 piringan yang miring. Kredit: Carnegie Science, Earth and Planet Laboratory

TW Hydrae

TW Hydrae, bintang muda T Tauri di rasi Hydrae atau ular ini memang masih muda. Usianya baru sekitar 10 juta tahun dan massanya 60% massa Matahari. Bintang TW Hydrae merupakan bintang katai merah yang belum lama terbentuk. Dan tentu saja di sekelilingnya masih ada sisa gas dan debu yang membentuk piringan yang mengitari bintang ini. Piringan gas dan debu inilah yang merupakan area konstruksi atau area di mana seharusnya planet-planet terbentuk di sekeliling bintang muda tersebut.

Tak pelak, TW Hydrae merupakan laboratorium bagi para astronom untuk mempelajari pembentukan planet dan evolusinya. Apalagi jaraknya juga tidak terlalu jauh dari Bumi. Hanya 200 tahun cahaya!

Dalam pengamatan sebelumnya, para astronom menemukan indikasi exoplanet yang sedang terbentuk di sekeliling bintang ini. Di antaranya adalah planet TW Hydrae b yang belum terkonfirmasi, serta kandidat planet yang jaraknya setara jarak Pluto ke Matahari di sistem TW Hydrae.

Bayangan dalam Cincin

Beberapa tahun lalu, para astronom juga mendeteksi bayangan yang menyapu materi di area piringan protoplanet. Seperti halnya jarum jam yang bergerak mengelilingi jam. Pada saat ditemukan, para astronom menduga ini adalah ulah piringan dalam yang tebal yang sedang bergerak mengitari bintang.

Rupanya, pengamatan dengan Teleskop Hubble justru menemukan bayangan kedua. Penemua ini membuat piringan gas dan debu a.k.a piringan protoplanet di TW Hydrae tampak rumit karena ada tiga piringan dengan dua piringan yang miring.

Para astronom pun menduga ada planet tak terlihat yang mengorbit bintang. Hasilnya, gravitasi planet-planet justru menarik materi dan membengkokkan piringan gas dan debu yang tadinya datar seperti panekuk jika tidak ada planet di situ.

Di Tata Surya, bidang orbit planet juga memiliki kemiringan beragam sekitar beberapa derajat terhadap satu sama lainnya. Karena itu pula apa yang terjadi di TW Hydrae bisa menjadi petunjuk akan apa yang terjadi saat planet-planet di Tata Surya terbentuk 4,6 miliar tahun lalu.

Bayangan kedua ditemukan dalam data pengamatan tahun 2021 untuk memprediksi posisi planet yang terindikasi menyebabkan kemiringan piringan. Ketika citra yang baru ini dibandingkan dengan data pengamatan lama dari Teleskop Hubble, para astronom menemukan kalau dua piringan tak sejajar itu menghasilkan bayangan. Sebelumnya, para astronom tidak bisa memisahkan kedua piringan karena jarak keduanya yang sangat dekat.  Seiring waktu, kedua piringan ini makin terpisah dan terbagi menjadi dua bayangan.

Apa yang tampak di TW Hydrae belum pernah ditemukan pada piringan protoplanet bintang lain. Dan ini menjadikan proses pembentukan planet di piringan protoplanet TW Hydrae jadi lebih kompleks.