Beranda » Pasangan Bintang Cikal Bakal Kilonova Penghasil Emas

Pasangan Bintang Cikal Bakal Kilonova Penghasil Emas

Para astronom menemukan pasangan bintang yang jadi cikal bakal peristiwa kilonova yang menghasilkan emas dan perak.

Ilustrasi sistem CPD-29-2176 yang terdiri dari bintang neutron dan bintang masif. Kredit: CTIO/NOIRLab/NSF/AURA/J. da Silva/Spaceengine/M. Zamani

Kilonova. Ledakan dahsyat yang menghasilkan tidak saja ledakan sinar gamma tapi juga menghasilkan gelombang gravitasi. Ledakan tersebut terjadi saat sepasang bintang neutron atau pasangan bintang neutron dan lubang hitam bertabrakan dan pada akhirnya bergabung. Tak hanya itu. Di dalam puing-puing sisa ledakan yang kaya neutron, ada sejumlah besar elemen terbesar di alam semesta yang ditempa. Di antaranya adalah emas dan platinum.

Kita tahu dari riwayat perjalanan hidup bintang, hanya bintang-bintang bermassa sangat besar yang berakhir dalam ledakan supernova yang pada akhirnya menghasilkan bintang neutron dan lubang hitam. Tapi, perjalanan hidup bintang masif yang singkat tapi panjang untuk skala waktu manusia, membuat kita tidak bisa mengamati dan mempelajari bintang asal yang akhirnya meledak tersebut. Sebagai catatan, bintang masif memiliki kala hidup yang lebih pendek dibanding bintang seperti Matahari. Hanya butuh 10 juta tahun.

Kali ini, para astronom menemukan sepasang bintang yang sepertinya bisa jadi cikal bakal kilonova. Penemuan langka, karena hanya ada sekitar 10 sistem seperti ini yang ada di Bimasakti.

Supernova ultralucut

Sistem CPD-29 2176. Sistem ini pertama kali ditemukan oleh Neil Gehrels Swift Observatory milik NASA dan selanjutnya diamati oleh teleskop SMARTS 1,5 meter di Cerro Tololo Inter-American Observatory, Chile. Pengamatan lanjutan dilakukan untuk mencari tahu karakteristik orbit dari pasangan bintang di dalam sistem tersebut.

Sistem CPD-29 2176 berada 11.400 tahun cahaya dari Bumi dan terdiri dari bintang neutron dan bintang masif. Yang menarik, bintang neutron di CPD-29 2176 terbentuk dari ledakan supernova yang bintangnya sudah dilucuti sebagian besar selubungnya. Para astronom memberi istilah supernova ultralucut.

Sementara itu, para astronom menduga kalau bintang masif pasangannya sedang dalam proses menuju ledakan supernova ultralucut.

Jika bintang masif berakhir dalam ledakan supernova, tentu ada selubung luar yang terlontar dengan kecepatan tinggi dan mengakibatkan bintang pasangan juga terlontar dari sistem.

Yang menarik, sistem CPD-29 2176 masih terdiri dari sepasang bintang dengan orbit yang cukup dekat. Itu artinya, sebelum meledak sebagai bintang neutron, interaksi sepasang bintang masif ini menghasilkan pelucutan materi bintang dalam jumlah besar sehingga ketika bintang meledak, kekuatan ledakannya tidak lagi sebesar supernova pada umumnya. Dengan demikian, bintang masif pasangan masih tetap ada di dalam sistem.

Setelah bintang masif meledak, yang tersisa adalah pusat bintang berevolusi sebagai bintang neutron. Setelah itu, interaksi pasangan bintang neutron dan bintang masif pasangannya menghasilkan transfer massa (pelucutan materi). Akibatnya si bintang masif akan kehilangan sebagian selubungnya dan akhirnya meledak sebagai supernova ultralucut dan menyisakan pusat massa yang berakhir sebagai bintang neutron.