Beranda » Lubang Hitam Tidur Terdekat dari Bumi

Lubang Hitam Tidur Terdekat dari Bumi

Para astronom menemukan lubang hitam terdekat dari Bumi dengan jarak 1600 tahun cahaya di rasi Ophiuchus!

Ilustrasi bintang serupa Matahari mengitari lubang hitam. Kredit: International Gemini Observatory/NOIRLab/NSF/AURA/J. da Silva/Spaceengine/M. Zamani

Lubang hitam. Objek yang satu ini memang ekstrim. Tidak ada cahaya yang bisa lolos terpancar dari objek ini karena gravitasinya yang besar sehingga kecepatan lepas dari lubang hitam pun melebihi kecepatan lepas cahaya.

Tipe Lubang Hitam

Lubang hitam sering dikenal sebagai objek yang berada di pusat galaksi-galaksi besar. Yang ini tentu saja massanya luar biasa masif dengan kerapatan yang tidak terbayangkan. Lubang hitam di Bimasakti salah satunya. Massa lubang hitam supermasif yang ada di pusat galaksi kita 4,1 juta massa Matahari. Sementara lubang hitam di pusat galaksi M87, massanya 6,5 miliar massa Matahari.

Itu lubang hitam supermasif.

Ada lubang hitam yang massanya jauh lebih kecil. Lubang hitam ini terbentuk dari keruntuhan inti bintang masif yang meledak saat mengakhiri hidupnya. Kita mengenalnya sebagai lubang hitam massa bintang. Massanya sekitar lima sampai seratus kali lebih masif dari Matahari. Lubang hitam jenis ini justru lebih umum ditemukan. Tentu saja karena mereka terbentuk dari bintang-masif yang meledak.

Untuk Bimasakti, para astronom memperkirakan setidaknya ada 100 juta lubang hitam massa bintang. Tapi masih sejumlah kecil yang sudah dikonfirmasi keberadaannya. Dan rata-rata lubang hitam yang ditemukan adalah lubang hitam aktif.

Yang dikategorikan sebagai lubang hitam aktif adalah lubang hitam yang bercahaya dalam sinar-X. Jadi, meskipun lubang hitam tidak memancarkan cahaya, tapi lubang hitam ini gravitasinya sangat kuat sehingga ia bisa menarik materi yang ada di sekelilingnya. Ketika lubang hitam makan, materi yang ditarik ini bersinar terang dalam sinar-X.

Tapi, ada lubang hitam yang pasif atau lubang hitam tidur. Lubang hitam tipe ini biasanya sedang tidak memangsa apapun yang ada di sekitarnya. Lubang hitam seperti ini akan aktif lagi ketika mulai melahap materi yang tertarik oleh gravitasinya.

Lubang Hitam Terdekat

Pengamatan dengan teleskop Gemini Utara di Hawai’i berhasil menemukan lubang hitam terdekat dari Bumi. Yang menarik, lubang hitam tersebut tidak aktif a.k.a sedang tidur

Gaia BH1. Dari namanya, lubang hitam ini memang ditemukan pertama kali oleh satelit Gaia dan 10 kali lebih masif dari Matahari. Meskipun dibilang terdekat, jaraknya tidak dekat. Gaia BH1 berada 1600 tahun cahaya dari Bumi di rasi Ophiuchus si Pembawa Ular. Jika kita punya kendaraan yang bergerak dengan kecepatan cahaya (300.000 km/detik), maka butuh 1600 tahun untuk bisa mengunjungi monster ini!

Gaia BH1 merupakan lubang hitam dalam pasangan bintang ganda. Bintang pasangannya adalah bintang serupa Matahari yang mengorbit si lubang hitam dari jarak yang hampir sama dengan jarak Matahari-Bumi.