Beranda » Planet Bumi super di Bintang Katai Merah “Tetangga” Matahari

Planet Bumi super di Bintang Katai Merah “Tetangga” Matahari

Para astronom menemukan planet Bumi super di area laik huni sebuah bintang katai merah! Yang keren, jaraknya hanya 37 tahun cahaya!

Diagram skematik sistem Ross 508. Area hijau merupakan zona laik huni di mana air bisa tetap berada dalam wujud cair di permukaan planet. Orbit planet ditunjukkan dalam warna biru. Planet Ross 508b berada pada tepi dalam zona laik huni (garis utuh) dan melintasi area laik huni (garis putus-putus) saat mengorbit bintang. Kredit: Pusat Astrobiologi.

Sampai saat ini para astronom sudah menemukan lebih dari 5000 planet yang mengitari bintang lain. Planet-planet yang ditemukan ada yang mirip planet di Tata Surya, tapi banyak yang tipenya berbeda. Contohnya ada planet Jupiter panas yang mirip Jupiter tapi suhunya sangat tinggi karena berada di dekat bintang. Ada lagi planet Bumi super, planet batuan yang lebih masif dari Bumi dan Neptunus-mini yang mirip Neptunus tapi lebih kecil.

Planet yang ditemukan merupakan planet Bumi super dan yang menarik, planet ini mengitari bintang katai merah “tidak jauh” dari Matahari. Bisa dibilang termasuk tetangga dalam lingkungan Matahari.

Pengamatan Sistem Katai merah

Bintang katai merah merupakan bintang paling umum ditemukan. Dari seluruh populasi bintang di Bimasakti, 75% merupakan bintang katai merah. Bintang seperti ini lebih kecil, lebih dingin, lebih redup, dibanding Matahari. Tapi, umur bintang katai merah jauh lebih panjang dibanding Matahari.

Jadi, bintang katai merah merupakan target ideal untuk mencari planet yang mungkin bisa menopang kehidupan seperti di Bumi.

Masalahnya, bintang katai merah itu bintang dingin dengan temperatur permukaan kurang dari 4000 K. Bintang seperti ini tidak banyak memancarkan cahaya tampak dibanding bintang tipe lain. Itu artinya, bintang katai merah merupakan bintang yang sangat redup. Tidak akan mudah menemukan planet pada bintang katai merah dalam panjang gelombang visual atau tampak.

Tidak demikian jika kita mengamatinya dengan instrumen yang bekerja pada panjang gelombang inframerah.

Bintang katai merah akan tampak cemerlang dalam inframerah.

Supaya para astronom bisa mengamati bintang-bintang katai merah yang ada di Alam Semesta, maka dikembangkan instrumen khusus yang bekerja pada panjang gelombang inframerah. Untuk itu, para astronom mengembangkan spektograf Doppler Inframerah (Infrared Doppler/IRD) yang dipasang pada Teleskop Subaru di Hawai’i. Dengan IRD, para astronom bisa mendeteksi goyangan halu tiap menit pada kecepatan bintang.

Hasilnya, mereka menemukan sebuah exoplanet Bumi-super di bintang katai merah!

Sistem Ross 508

Planet Bumi-super yang diamati dengan spektograf IRD pada teleskop Subaru 8 meter itu berada di sebuah bintang dekat.

Sistem Ross 508. Itu nama bintang dengan planet Bumi-super yang baru ditemukan. Bintang Ross 508 berada pada jarak 37 tahun cahaya dari Bumi di rasi Ular a.k.a serpent yang bisa ditemukan dalam gendongan Ophiuchus, si pembawa Ular. Ukuran dan massa bintang Ross 508 hanya 20% ukuran dan massa Matahari, dengan temperatur 3071 K.

Pada sistem ini, ditemukan sebuah planet yang empat kali lebih masif dari Bumi. Jaraknya ke bintang juga sangat dekat. Hanya 0,05 kali jarak Bumi dari Matahari atau hanya 7,9 juta km dari bintang Ross 508.