Beranda » Kilasan Cahaya di Langit Malam

Kilasan Cahaya di Langit Malam

Kilasan cahaya, bintang yang bergerak supercepat. Lebih kerennya lagi, bintang ini memiliki planet!

Ilustrasi permukaan Barnard b. Kredit: ESO/M. Kornmesser
Sebuah planet telah ditemukan mengitari bintang-tunggal terdekat dengan Matahari, yaitu Bintang Barnard. Eksoplanet ini sekitar 3 kali lebih masif daripada Bumi tapi permukaannya lebih dingin dan gelap. Gambar ini memperlihatkan gambar rekaan permukaan planet. Kredit: ESO/M. Kornmesser.

Komik-komik menceritakan tokoh-tokoh yang luar biasa. Superman bisa menyorotkan sinar laser dari matanya sedangkan Hulk sangat kuat sampai-sampai bisa mengangkat gunung (ia benar-benar pernah melakukannya).

Nah, alam semesta pun mempunyai pahlawan supernya sendiri; seperti The Flash, bintang dalam foto ini bisa bergerak supercepat. Bintang ini bahkan bergerak melintasi langit malam kita lebih cepat dari bintang manapun!

Bintang itu bernama Bintang Barnard. Kira-kira dalam waktu 80 tahun, Bintang Barnard akan bisa menempuh area langit malam kita yang setara dengan diameter bulan purnama.

Bintang Barnard adalah bintang-tunggal terdekat dengan Matahari. Perlu diketahu bahwa sebagian besar bintang merupakan bintang berpasangan atau berkelompok. Kedekatan inilah yang menyebabkan Bintang Barnard memiliki kekuatan super.

Coba bayangkan, kau sedang duduk di pantai dan memandang ke arah laut. Seseorang yang berjalan-jalan dengan anjingnya bisa menyusuri seluruh bagian pantai dalam waktu beberapa menit, sedangkan kapal feri di kejauhan tampak bergeser sedikit saja. Tentu saja kita tahu bahwa kapal feri itu bergerak lebih cepat daripada manusia, tapi jarak menipu kita.

Trik yang sama menyebabkan Bintang Barnard tampak bergerak lebih cepat daripada bintang-bintang lainnya karena jarak Bintang Barnard ke kita lebih dekat (dalam skala kosmik). Lebih kerennya lagi, sebuah planet baru saja ditemukan mengelilinginya!

Planet yang baru ditemukan ini menjadi eksoplanet terdekat kedua dengan Bumi. Planet itu sekitar tiga kali lebih masif daripada Bumi dan mempunyai permukaan batuan. Tapi, sampai di situ saja kemiripannya.

Bintang Barnard adalah bintang katai merah. Artinya, bintang itu lebih dingin dan lebih redup bila dibandingkan dengan Matahari kita. Meskipun berada sangat dekat dengan bintang induknya, planet tersebut dingin membeku. Temperaturnya mungkin jauh di bawah -170 °C sehingga tidak cocok untuk kehidupan sebagaimana yang kita kenal.

Fakta Menarik

Kecepatan sebenarnya Bintang Barnard sekitar 500.000 kilometer per jam. Meskipun lajunya gila-gilaan seperti itu, sejauh ini Bintang Barnard bukanlah bintang tercepat. Rekor bintang tercepat dipegang oleh US 708, yang bergerak melintasi ruang angkasa dengan kecepatan 4 juta kilometer per jam!

[divider_line] Sumber: Artikel ini merupakan publikasi ulang dari Space Scoop Universe Awareness edisi Indonesia. Space Scoop edisi Indonesia diterjemahkan oleh langitselatan.

• 1.Apakah bintang Barnard ini berdomisili di tata surya kita ? Atau digalaksi kita ? ( bima sakti ).
    2. Tolong juga penjelasan lebih jauh tenttang langit malam.
    3, Terima kasih