Beranda » Satelit Baru Jupiter: Valetudo si Pemberontak & 11 Satelit Normal

Satelit Baru Jupiter: Valetudo si Pemberontak & 11 Satelit Normal

Penghuni keluarga Jupiter bertambah lagi dengan ditemukannya selusin satelit alami baru yang mengorbit planet raksasa tersebut. Ada satu satelit yang unik dan berbeda dari 11 satelit lainnya.

Jupiter. Kredit: Jeff Teng

Satelit di Jupiter

Jupiter. Planet terbesar di Tata Surya ini memang dikenal punya banyak pengiring. Tapi, tidak mudah untuk menemukan satelit-satelit Jupiter, terutama yang ukurannya kecil. Dari 79 satelit yang sudah ditemukan, 63 diantaranya memliki ukuran kurang dari 10 km.

Penemuan satelit di Jupiter dimulai ketika Gallileo menemukan Ganymede, Callisto, Io, dan Europa pada tahun 1610. Satelit berikutnya, Amalthea baru ditemukan hampir tiga abad kemudian. Sejak itu, satu per satu satelit Jupiter ditemukan dan sampai akhir abad 20, tercatat ada 16 satelit. Memasuki abad 21, semakin banyak satelit Jupiter yang ditemukan. Hingga 17 Juli 2018, planet gas raksasa Jupiter menjadi planet dengan pengiring terbanyak yakni 79 satelit.

Dari satelit-satelit yang mengitari Jupiter, 12 di antaranya merupakan satelit baru yang ditemukan Scott Sheppard dari Carnegie Institution for Science.  Meskipun sudah diamati sejak 2017, penemuan itu tidak serta merta diumumkan karena diperlukan beberapa kali pengamatan untuk bisa mengonfirmasi objek-objek tersebut sebagai satelit pengiring yang mengorbit Jupiter.  Yang sudah diumumkan pada tahun 2017 hanya dua satelit alami yang dikelompokkan dalam satelit luar.

Dari 12 satelit yang ditemukan, 11 di antaranya tergolong normal. Tapi, ada satu satelit yang punya kebiasaan berbeda dan melawan arus dibanding satelit-satelit lainnya. Keanehan orbit satelit yang satu ini justru memberi informasi penting terkait pembentukan satelit di planet gas raksasa tersebut.

Tak pelak, kita bisa menelusuri selintas sejarah masa lalu Jupiter dari satelit-satelitnya. Keberadaan satelit kecil dalam jumlah besar memberi indikasi kalau pengiring Jupiter ini terbentuk dari tabrakan kosmis setelah planet gas raksasa tersebut terbentuk 4 miliar tahun lalu.

Jika satelit-satelit kecil tersebut terbentuk bersama pembentukan Jupiter, maka satelit yang ada akan ditelan gas dan debu yang mengelilingi planet yang baru terbentuk. Satelit yang terbentuk pada masa ini akan ditarik gravitasi Jupiter dan bergerak berpilin jatuh menabrak planet. Tapi, satelit kecil berukuran kurang dari 10 km masih banyak yang mengorbit Jupiter saat ini. Itu artinya, satelit tersebut terbentuk setelah planet Jupiter terbentuk dan merupakan sisa tabrakan batuan angkasa yang ditangkap oleh gravitasi Jupiter.

Satelit Yang Melawan Arus

Orbit satelit yang mengitari Jupiter. Tampak orbit Valetudo (hijau) yang memotong orbit retrograd. Kredit: Carnegie Institution for Science

Jangan bayangkan satelit baru di Jupiter ini seperti empat satelit Galilean ataupun Bulan yang berukuran besar. Ke-12 satelit baru itu sangat kecil dengan diameter 1 – 3 kilometer.

Tidak semua satelit Jupiter bergerak dengan arah yang sama. Untuk satelit dalam yang berada dekat Jupiter, termasuk di dalamnya empat satelit Galilean, geraknya searah dengan arah rotasi Jupiter atau prograd. Akan tetapi, satelit yang berada jauh dari Jupiter atau satelit luar, arah orbitnya justru berlawanan dengan arah rotasi jupiter atau disebut retrograd.