Beranda » Lika Liku LIGO Menuju Hadiah Nobel Fisika 2017

Lika Liku LIGO Menuju Hadiah Nobel Fisika 2017

Hadiah Nobel Fisika 2017 diberikan kepada trio fisikawan yang berperan penting dalam penemuan gelombang gravitasi yang dideteksi oleh Detektor LIGO.

Ki-ka: Barry Barish, Kip Thorne dan Rainer Weiss. Peraih Hadiah Nobel Fisika 2017 untuk kontribusi pada Detektor LIGO. Kredit: LIGO

Pada tahun 1916, Einstein mengemukakan teori, “ketika sebuah benda bermassa sangat besar dan bergerak dipercepat, akan terbentuk riak kecil pada ruang-waktu di sekitarnya dan menjalar menjauhi benda tersebut. Riak pada ruang-waktu inilah yang disebut sebagai gelombang gravitasi dengan laju penjalaran sama dengan laju cahaya, yaitu tiga ratus ribu kilometer perdetik”.

Satu abad kemudian, teori yang dikemukakan Einstein berhasil dikonfirmasi. Riak pada alam semesta bukan sekedar teori. Riak itu ada dan bisa dideteksi pada tahun 2015 oleh Detektor kembar LIGO yang berada di Amerika.

Dua tahun kemudian, trio fisikawan yang berperan penting dibalik kontribusi LIGO dianugerahkan Hadiah Nobel. Mereka adalah para pionir penemuan gelombang gravitasi, yakni Rainer Weiss dan Kip S. Thorne, serta Barry C. Barish yang pernah menjabat sebagai Direktur LIGO dari tahun 1997 – 2005.

Rainer Weiss, Profesor Emeritus dari Massachusetts Institute of Technology, yang memperoleh setengah dari hadiah Nobel Fisika tersebut merupakan seorang eksperimentalis yang memberikan kontribusi besar dalam membangun konsep, merancang, pendanaan dan pembangunan LIGO. Weiss adalah pendatang dari Jerman yang datang ke Amerika bersama keluarganya untuk menghindari NAZI. Ia  pernah dropout saat kuliah tahap sarjana sebelum kemudian ia kembali dan bekerja sebagai fisikawan di MIT.  Setengah hadiah Nobel Fisika 2017 diberikan pada Kip S. Thorne, ahli Fisika Teori dari California Institute of Technology, Pasadena, yang kita kenal sebagai konsultan untuk film Interstellar dan Barry C. Barish dari California Institute of Technology, Pasadenayang berperan besar menjadikan LIGO sebagai organisasi sains raksasa di dunia.

Ketiganya memang memiliki peran yang sangat penting dalam mewujudkan penemuan gelombang gravitasi yang sangat bersejarah itu. Tanpa mereka, Laser Interferometer Gravitational-Wave Observatory, atau Ligo tidak akan mencapai kesuksesannya dengan mendeteksi 4 gelombang gravitasi yang berasal dari tabrakan mematikan dua lubang hitam yang bergabung.

Gelombang gravitasi pertama yang jadi tonggak sejarah era baru di astronomi berhasil dideteksi LIGO pada bulan September 2015, disusul peristiwa kedua pada bulan Desember di tahun yang sama. Kedua peristiwa inilah yang memastikan keberadaan riak di alam semesta yang timbul akibat tabrakan dua lubang hitam menjadi awal bagi kita untuk mendengar simfoni dari alam semesta yang membawa cerita yang tidak bisa dilihat oleh gelombang elektromagnetik maupun neutrino.

Kurir informasi baru di alam semesta berhasil ditemukan!

Perjalanan Detektor LIGO

Penemuan ini bukan perjalanan instan. Kisah kesuksesan LIGO adalah cerita perjalanan setidaknya selama 40 tahun yang tak lepas dari peran Rainer Weiss, Ronald Drever, dan Kip S. Thorne yang kemudian berkolaborasi di awal tahun 1980-an untuk membangun detektor yang bisa mendengar riak dari alam semesta. Ketiganya dikenal sebagai troika aka trio pendiri detektor raksasa kembar LIGO di Livingston, Lousiana dan Hanford, Washington. Dari ketiga pendiri tersebut, Ronald Drever telah lebih dahulu tutup usia tanggal 7 Maret 2017.

Baca juga:  Gelombang Gravitasi dari Lubang Hitam & Objek Misterius

Selain trio pendiri detektor kembar LIGO, kehadiran Barry C. Barish juga sangat penting dalam mengantarkan LIGO menuju kesuksesannya. Tanpa Barish, LIGO mungkin sudah berhenti beroperasi karena masalah dana. Kehadiran Barish pada tahun 1994 sebagai peneliti utama dan kemudian Direktur LIGO tahun 1997 – 2005, membawa perubahan besar bagi LIGO dan menjadikan LIGO sebagai sebagai organisasi sains raksasa yang dimotori dengan baik sehingga bisa terus berkembang.

Menelusuri jejak perjalanan LIGO dan pendeteksian gelombang gravitasi, maka kita harus mulai sejak tahun 1960-an, ketika Joseph Weber dari Universitas Maryland memulai usaha membangun detektor gelombang gravitasi dengan silinder alumunium raksasa yang akan bergetar saat merespon gelombang yang lewat. Pendekatan yang sama yang juga digunakan saat ini.

Ketika usaha ini dimulai, tentu saja ada keraguan di kalangan fisikawan tentang keberadaan gelombang gravitasi. Tapi, di tahun 1974, keberadaan gelombang gravitasi dikonfirmasi secara tidak langsung saat para ilmuwan meneliti kilat radio yang dipancarkan oleh sepasang bintang neutron yang bergabung. Pergeseran pada waktu kilat / kilas ternyata cocok dengan karakter gelombang gravitasi jika terjadi peristiwa tersebut. Penemuan ini akhirnya memperoleh Hadiah Nobel Fisia di tahun 1993.

Khusus untuk pendekatan deteksi ala LIGO dengan interferometer laser dimulai tahun 1962 ketika Michael Gertsenshtein dan Vladislav Pustovoit di Moscow Russia, dan diajukan juga secara terpisah oleh Joseph Weber dan Rainer Weiss di Amerika. Di tahun 1972, Rainer Weiss berhasil menyelesaikan detik perhitungan dan analisisnya terkait cara kerja detektor gelombang gravitasi interferometrik yang bisa mendeteksi seluruh sumber derau fundamental dan bagaimana menyelesaikan permasalahan setiap derau tersebut. Kala itu, Weiss juga tidak yakin kalau konsep dan rancangannya bisa diwujudkan.

Pertengahan tahun 1970-an, Weiss yang merupakan pendatang di Amerika ini membangun prototipe detektor gelombang gravitasi. Selain Weiss di MIT, detektor serupa juga dibangun di Eropa oleh Hans Billing di Garching, Jerman, serta Ronald Drever, James Hough dan rekan-rekannya di Glasgow, Skotlandia.

Tapi, perlu diingat juga kalau mendeteksi gelombang gravitasi itu tidak mudah. Interferemoter yang dibangun di tahun 1970-an itu terus menerus diperbarui sensitivitasnya dan juga kemampuannya untuk menghadapi setiap masalah. Untuk bisa mendeteksi riak tersebut merupakan tugas yang monumental dan luar biasa sulit. Kok bisa?

Riak yang ditimbulkan oleh keruntuhan bintang atau penggabungan dua lubang hitam itu tidak sedasyat di lokasi kejadian. Semakin jauh dari lokasi, efek yang ditimbulkan akan semakin kecil. Dan ketika riak itu menerpa Bumi, efeknya sudah luar biasa kecil.

Efek gelombang gravitasi yang berasal dari penggabungan dua buah lubang hitam di tahun 2015 pada pemuaian dan pemampatan detektor yang dipasang di Bumi tidak lebih dari 10-18 meter. Sebagai perbandingan, ukuran ini adalah satu per seribu kali ukuran sebuah proton. Karena itu diperlukan detektor yang supersensitif dan lingkungan yang benar-benar terjaga dari derau yang bisa mengganggu pengukuran gelombang gravitasi tersebut. – Rukman Nugraha

Jadi, butuh waktu panjang untuk merancang detektor yang tepat untuk mendeteksi gelombang gravitasi. Butuh ketekunan yang tentu saja membutuhkan biaya yang juga tidak sedikit untuk mencapai hasil yang luar biasa.