Beranda » Berburu Komet di Bulan Juni 2017

Berburu Komet di Bulan Juni 2017

Saatnya berburu komet di bulan Juni! Setidaknya ada 4 komet yang cukup terang untuk diamati seperti C/2015 V2 (Johnson), C/2015 ER61 (PANSTARRS), 71P/Clark, dan 41P Tuttle-Giacobini-Kresak. Kecerlangannya memang belum bisa dilihat dengan mata tanpa alat. Tapi setidaknya, dengan binokuler atau teleskop, kamu bisa menemukan bintang berekor ini di langit malam.

Komet C/2015 V2 (Johnson)

Komet Johnson yang dipotret tanggal 25 Februari 2017 oleh Gianluca Masi dari Virtual Telescope Project dan Michael Schwartz dari Tenagra Observatories di Arizona. Kredit: Virtual Telescope

Komet yang satu ini akan jadi bintang di bulan Juni. Namanya komet C/2015 V2 (Johnson) atau kita sebut saja komet Johnson. Saat ini, komet Johnson sedang bergerak menuju titik terdekatnya dengan Matahari dan di awal Juni saat ia semakin mendekati Matahari, kecerlangannya juga akan meningkat. Seperti namanya, C/2015 V2 (Johnson), merupakan komet non periodik yang ditemukan pada tanggal 3 November 2015 oleh Jess Johnson dalam Survei Langit Catalina dengan teleskop Schmidt–Cassegrain 0,68 meter.  Komet non periodik memberi indikasi kalau komet ini tidak akan pernah kembali untuk menyambangi Tata Surya.

Komet dengan orbit hiperbola ini datang dari jauh.  Diperirakan komet yang tidak mengorbit Matahari ini datang dari jarak 59.200 AU. Dalam perjalanannya mendekati Matahari, saat ini Komet Johnson sedang berada pada jarak 0,82 AU dari Bumi. Kecerlangannya meningkat jadi 7,8 magnitudo pada tanggal 5 Juni dan bisa dengan mudah diamati dari Bumi. Tapi perlu diingat, meskipun terang, pengamat butuh binokuler ataupun teleskop untuk bisa mengamati komet Johnson. Mata kita hanya bisa melihat benda sampai kecerlangan 6 magnitudo. Itu pun di langit yang sangat cerah.

Jejak komet C/2015 V2 (Johnson) dari Juni - Agustus 2017. Kredit: Dominic Ford / In-The-Sky.org
Jejak komet C/2015 V2 (Johnson) dari Juni – Agustus 2017. Kredit: Dominic Ford / In-The-Sky.org

Setelah berpapasan dengan Matahari pada jarak 1,64 AU tanggal 12 Juni 2017, komet Johnson akan meneruskan perjalanannya dalam orbit hiperbola dan kembali meninggalkan Tata Surya.

Sebelum komet Johnson menghilang dari Tata Surya, maka selama bulan Juni 2017, pengamat bisa mengamati komet ini di rasi Bootes, si pembajak. Rasi Bootes sudah tampak di timur laut sejak Matahari terbenam dan terus bergerak ke arah barat laut, dan terbenam setelah lewat tengah malam. Mulai tanggal 15 Juni, komet Johnson bisa ditemukan di rasi Virgo, tepatnya di zenith ketika Matahari terbenam dan terus bergerak arah barat. Bagi pengamat di belahan Bumi selatan, Komet Johnson bisa diamati sampai akhir tahun 2017.

Komet C/2015 ER61 (PANSTARRS)

Jejak komet C/2015 ER61 (PANSTARRS) dari Mei 2017 - April 2018. Kredit: Dominic Ford / In-The-Sky.org
Jejak komet C/2015 ER61 (PANSTARRS) dari Mei 2017 – April 2018. Kredit: Dominic Ford / In-The-Sky.org

Setelah berada pada posisi terdekat dengan Bumi pada tanggal 19 April 2017 dan mencapai papasan terdekat dengan Matahari, tanggal 9 Mei 2017, komet C/2015 ER61 (PANSTARRS) akan semakin meredup. Meskipun demikian, komet C/2015 ER61 ini masih bisa diamati dengan mudah lewat binokuler. Kecerlangannya 8,2 magnitudo dan komet ER61 ini tampak di rasi Pisces si ikan dan terus bergerak menuju rasi Aries.

Komet C/2015 ER61 (PANSTARRS) ditermukan 15 Maret 2016 dalam survei NEO PanSTARRS-1 di Haleakala in Maui, Hawaii. Nama ER61 pada awalnya diberikan karena obyek ini justru dianggap sebagai asteroid Amor yang lokasinya dekat Bumi. Ternyata, benda ini bukan asteroid melainkan komet yang berasal dari Awan Oort. Saat pertama kali ditemukan, komet ER61 memiliki kecerlangan 21,5 magnitudo pada jarak 8,44 AU dari Matahari. Itu jarak antara Jupiter dan Saturnus.