Beranda » Infografik: Pembentukan Tata Surya

Infografik: Pembentukan Tata Surya

Pembentukan Tata Surya dimulai dari awan gas dan debu raksasa yang runtuh dan kemudian membentuk bintang dan planet-planet di dalamnya.

Infografik Pembentukan Tata Surya. Kredit: langitselatan

Unduh: Infografik: Pembentukan Tata Surya

Pembentukan sistem keplanetan dimana Bumi berdiam ini dimulai 4,6 milyar tahun lalu di sebuah awan gas dan debu. Pada suatu waktu ada gangguan yang menyebabkan kestabilan awan terganggu. Akibatnya, awan pun mengalami keruntuhan gravitasi dan akumulasi materi di inti pun dimulai. Di sekeliling inti terbentuk piringan gas dan debu. Materi yang terkumpul di inti inilah yang kemudian menjadi cikal bakal bintang. Setelah materi yang terkumpul cukup masif, inti memiliki energi yang cukup untuk memulai reaksi nuklir. Inilah proses kelahiran bintang yang kita kenal sebagai Matahari.

Setelah Matahari terbentuk, gas dan debu yang ada disekeliling bintang saling berinteraksi. Tabrakan dan penggabungan pun terjadi membentuk planetesimal yang jadi cikal bakal planet. Proses penggabungan materi gas dan debu di cakram terus terjadi dan terbentuklah planet-planet yang mengitari Matahari. Planet-planet batuan terbentuk di dekat Matahari sedangkan planet gas raksasa terbentuk di area yang lebih jauh. Di antara Mars dan Jupiter, ada materi yang gagal membentuk planet yang dikenal dengan nama asteroid.  Dan di area inilah terdapat sabuk asteroid. Di luar orbit Neptunus, ada benda-benda mirip planet yang lebih kecil dan kita kenal sebagai planet katai.

Lebih jelasnya, simak inforgrafik di atas atau bisa baca juga tentang Bagaimana Tata Surya Terbentuk?