Beranda » Menelusuri Satelit Pengiring di Planet Katai Jauh 2007 OR10

Menelusuri Satelit Pengiring di Planet Katai Jauh 2007 OR10

Planet katai 2007 OR10 ternyata memiliki sebuah satelit pengiring yang ditemukan dalam arsip pengamatan Teleskop Hubble!

Planet-planet katai besar. Kredit: NASA/JHUAPL/SwRI

Meskipun secara resmi 2007 OR10 tidak termasuk dalam daftar resmi planet katai, akan tetapi, ciri-ciri OR10 menjadikannya kandidat kuat sebagai planet katai.

Menurut Mike Brown, penemu Eris yang menyebabkan Pluto diklasifikasi ulang, setidaknya ada 390 kandidat planet katai.  Dan dalam klasifikasinya, ia menempatkan 10 obyek Trans Neptunian sebagai planet katai termasuk di dalamnya: Pluto, Eris, Haumea, Makemake, 2007 OR10, Quaoar, Sedna, Orcus, (307261) 2002 MS4 dan Salacia.  Kandidat lain yang perlu diperhitungkan adalah DeeDee yang diumumkan kehadirannya di tahun 2017.

Trans Neptunian merupakan area di luar orbit Neptunus atau pada jarak lebih besar dari 30 AU,  yang diisi oleh obyek-obyek batuan yang bahkan bisa dikategorikan sebagai planet minor.  Perbedaannya dengan sabuk Kuiper, sabuk yang berisi obyek-obyek es ini merentang pada jarak 30 – 55 AU.

Planet Katai 2007 OR10

Orbit planet katai 2007 OR10. Kredit: NASA

Tidak banyak yang sudah kita ketahui tentang 2007 OR10.  Dari namanya kita tahu kalau OR10 ditemukan tahun 2007.  Tapi sampai saat ini, nama resminya pun belum ada. Saat ditemukan oleh Meg Schwamb, Mike Brown dan David Rabinowitz, obyek yang satu ini sempat diberi julukan Putri Salju untuk warnanya yang putih.  Sayangnya, julukan indah itu harus dibatalkan karena 2007 OR10 justru merupakan obyek paling merah di sabuk Kuiper, mirip dengan Quaoar.

Planet katai OR10 ditemukan dengan teleskop Samuel Oschin di Observatorium Palomar. Selain teleskop di Bumi, Teleskop Hubble, Spitzer, Herschel dan Kepler (K2) juga diarahkan untuk mengamati planet kurcaci di halaman belakang Tata Surya.

Hasil pengamatan Kepler dan Herschel memperlihatkan planet katai ketujuh ini diselimuti oleh es metana, karbon monoksida dan nitrogen yang mudah menguap dan hilang di angkasa. Warna kemerahan berasal dari tholins yang ada di permukaan es akibat radiasi metana oleh sinar ultraviolet dari Matahari. Kondisi ini banyak ditemukan di benda-benda jauh di Tata Surya. Pada jarak yang jauh, molekul sederhana metana akan pecah saat terpapar sinar ultraungu Matahari dan membentuk molekul kompleks yang dikenal sebagai tholins.

Dari sisi ukuran, 2007 OR10 merupakan pemegang rekor planet katai ketiga terbesar yang ada di area Trans Neptunian dengan diameter ~1535 km.  Planet katai satu ini mengitari Matahari dalam orbit yang sangat lonjong seperti halnya Eris dan kemiringan orbitnya juga cukup besar mirip Haumea dan Makemake.

Jarak terdekat dengan Matahari yang bisa dicapai OR10 itu sekitar 5 milyar km atau 33 AU. Mirip jarak Pluto ke Matahari. Tapi, jarak terjauh planet ini dari Matahari bisa mencapai 15 milyar km atau 100 AU! Sangat jauh.  Dan waktu tempuh OR10 untuk menyelesaikan satu periodenya mengelilingi Matahari itu bisa mencapai hampir 550 tahun!