Beranda » Mari Berburu Planet di Bintang Lain!

Mari Berburu Planet di Bintang Lain!

Kamu juga bisa jadi penemu planet di bintang lain! Tak percaya? Para astronom dari Carnegie Institution for Science dan MIT baru saja merilis dataset pengamatan bintang-bintang yang mereka kerjakan selama 20 tahun. Tujuannya supaya semua orang bisa ikut menganalisis data bintang tersebut.

Teleskop 10 meter Keck-I di Observatorium W.M. Keck, Hawaii. Kredit: © 2007 Laurie Hatch

Perkembangan dunia astronomi, khususnya dunia extrasolar planet berkembang sangat cepat. Setelah berabad-abad kita berandai-andai bisa menemukan planet di bintang lain, maka tahun 1995 menjadi awal kebangkitan dunia extrasolar planet. Dan setelah melewati 2 dekade, planet di bintang lain bukan lagi hal baru. Lebih dari 3500 planet sudah ditemukan. Di antaranya merupakan planet gas raksasa dan planet-planet kebumian. Bukan itu saja, masih ada ribuan kandidat planet yang belum dikonfirmasi. Dan tentunya, masih ada milyaran planet yang menanti untuk ditemukan.

Data berlimpah, tapi astronom yang bisa mengolah seluruh data itu terbatas. Karena itu, salah satu upaya untuk memaksimalkan penggunaan data adalah dengan mengajak masyarakat awam ikut mengolah data. Program seperti ini dikenal sebagai sains warga.  Program sains warga yang mengajak awam untuk ikut menemukan planet baru adalah Planet Hunters yang menggunakan data Kepler. Program seperti ini jelas bisa menjadi jembatan kolaborasi bagi para astronom amatir dan astronom profesional.

Berburu Planet

Ide sains warga inilah yang juga dilakukan oleh para astronom dari Carnegie Institution for Science dan MIT. Mereka merilis data pengamatan kecepatan radial pada 1624 bintang yang diamati selama 20 tahun dengan spektometer HIRES yang dipasang pada teleskop 10 meter Keck-I di Observatorium W.M. Keck, Hawaii. Data ini terdiri dari 60,949 pengukuran kecepatan radial bintang-bintang dekat dan terang dari kelas F,G,K dan M yang bisa diamati dari Mauna Kea.

Perburuan exoplanet di Observatorium W.M. Keck sudah dimulai sejak tahun 1994 ketika teleskop Keck-I mulai didedikasikan untuk mencari planet baru di bintang serupa Matahari. Yang dipilih adalah bintang katai kelas F, G, K dan M. Pengamatan dengan spektometer HIRES (High Resolution Echelle Spectrometer) yang dipasang di teleskop Keck-I.

Sejak itu berbagai penemuan penting dalam dunia exoplanet berhasil ditorehkan. Tercatat, program HIRES ikut andil dalam menemukan HD 209458b, planet extrasolar pertama yang ditemukan lewat metode transit. Ada juga penemuan planet pertama yang massanya serupa Neptunus dan jadi yang pertama bisa mengukur massa planet bumi-super Gliese 876d, secara langsung (bukan massa minimum).

Hasil pengamatan satu dekade pertama berhasil mengkompilasi karakteristik orbit exoplanet yang berada di bintang dekat. Nah, sebelum memasuki dekade ketiga pencarian exoplanet, para astronom yang bekerja dalam program HIRES ini memutuskan untuk merilis katalog pengukuran kecepatan radial bintang-bintang yang telah diamati Teleskop Keck-I selama 20 tahun.