Beranda » Gravitasi sebagai fenomena entropi – 1: Entropi dan perkelindanan kuantum

Gravitasi sebagai fenomena entropi – 1: Entropi dan perkelindanan kuantum

Gravitasi adalah gaya yang kita alami dalam kehidupan sehari-hari, ketika kita melompat setinggi-tingginya dan kembali ke tanah, saat melihat benda-benda jatuh ke Bumi, atau ketika kita bermain sepak bola dan bola basket. Angry Birds, sebuah permainan yang amat sangat populer itu, bahkan menerapkan prinsip-prinsip gravitasi dalam perhitungan lintasan burung-burung yang dilempar dengan ketapel.

Anak Manusia, oleh René Magritte. Sumber: Wikipedia.

Usaha untuk memahami gravitasi sudah dilakukan semenjak lama. Dari catatan-catatan sejarah yang sintas kita tahu bahwa Aristoteles dan Brahmagupta adalah dua dari nama-nama pertama yang tercatat telah menyumbangkan idenya mengenai hakikat gravitasi. Tentu yang paling kita ketahui adalah Isaac Newton yang membuktikan bahwa kekuatan gravitasi berbanding terbalik dengan kuadrat jarak, dan bahwa ini berlaku tidak hanya di Bumi namun juga di mana-mana di alam semesta ini. Pada awal abad ke-20, Albert Einstein memberikan pandangan baru mengenai gravitasi sebagai sebuah fenomena geometri, dalam wujud teori relativitas umum.

Kita sekarang mengidentifikasi gravitasi sebagai satu dari empat gaya fundamental, yaitu gaya yang tak disebabkan oleh gaya-gaya yang lebih fundamental lagi. Mengapa hanya ada empat gaya fundamental dan tidak lebih, tidak kurang, adalah suatu misteri yang belum kita ketahui jawabannya.

Gravitasi dan masalah-masalahnya

Walaupun teori-teori gravitasi Newton dan Einstein mampu memberikan gambaran yang cukup lengkap mengenai hakikat alam semesta kita, dan mampu memberikan prediksi yang akurat mengenai posisi dan pergerakan benda-benda (satelit GPS harus mengikutsertakan relativitas umum untuk dapat mengukur posisi kita di Bumi dengan akurat), kita ternyata tidak tahu apa-apa mengenai hakikat gravitasi. Ini karena baik teori gravitasi Newton dan Einstein adalah teori fisika klasik, sementara di awal abad ke-20 kita menyadari bahwa pada skala atomik, benda-benda tidak berkelakuan seperti objek-objek pada skala besar: Bila dalam fisika klasik kita dapat meramalkan lintasan pergerakan suatu benda, dalam ranah atomik kita hanya bisa memberikan kebolehjadian menemukan suatu partikel. Dari deterministik, fisika menjadi probabilistik. Ini pemahaman baru yang diberikan fisika kuantum.

Ketika kita mencoba menerapkan fisika kuantum ke dalam gravitasi, kita menemui masalah yang belum kita selesaikan hingga hari ini. Persoalannya adalah karena dalam banyak teori-teori kuantum, partikel-partikel kuantum berada dalam kerangka ruang-waktu. Karena gravitasi adalah bagian dari ruang-waktu itu sendiri, maka kita harus membangun teori kuantum ruang-waktu dan sejauh ini belum ada yang dapat membangun teori ruang-waktu yang sepenuhnya kuantum.

Astronom Vera Rubin (menghadap kamera) dan W. Kent Ford (mengenakan topi kerja) sedang mempersiapkan instrumen untuk pengamatan di Observatorium Lowell, Arizona, sekitar tahun 1965. Pengamatan-pengamatan ini kemudian berujung pada penemuan materi gelap. Sumber: Carnegie Institution for Science, Dept. of Terrestrial Magnetism.

Persoalan kedua dalam pemahaman kita mengenai gravitasi adalah keberadaan materi gelap. Ketika kita mengamati pergerakan bintang-bintang yang jauh dari pusat Galaksi (lebih jauh daripada jarak Matahari kita dari pusat Galaksi), kita melihat bahwa bintang-bintang ini bergerak lebih cepat dari yang diramalkan oleh gravitasi Newton, seolah-olah ada materi tambahan tak kasatmata yang mempercepat gerakan bintang-bintang jauh ini. Banyak usaha telah dilakukan untuk menjelaskan fenomena ini, dan hingga saat ini penjelasan terbaik adalah “materi gelap” (dark matter) yang tidak berinteraksi dengan gaya elektromagnetik namun berinteraksi dengan gaya gravitasi. Fisikawan berusaha meramalkan sifat-sifat partikel materi gelap ini dan konsekuensi-konsekuensi yang dapat diamati. Berbagai detektor telah dibangun guna mendeteksi materi gelap, namun hingga saat ini belum ada bukti kuat.

Ilustrasi percepatan pengembangan alam semesta. Sumbu vertikal adalah arah jalannya waktu semenjak terjadinya dentuman besar (big bang), sementara sumbu horizontal adalah ukuran alam semesta. Alam semesta diamati mulai mengembang dipercepat semenjak 7.5 Milyar tahun lalu. Sumber: NASA/STSci/Ann Feild.

Persoalan ketiga adalah adanya “energi gelap” (dark energy), yaitu energi misterius yang menyebabkan dipercepatnya pemuaian alam semesta. Kita mengetahui keberadaan energi gelap ini ketika kita mengamati ledakan-ledakan bintang (supernova) dari galaksi-galaksi yang jauh dan melihat bahwa kecerlangan supernova ini lebih redup dari seharusnya. Kita mengetahui bahwa kecerlangan supernova di mana-mana selalu sama, jadi peredupan pada galaksi-galaksi jauh ini mustinya terjadi karena jarak galaksi ini lebih jauh dari yang kita perkirakan, menunjukkan bahwa kecepatan pemuaian alam semesta ternyata tidak seragam sepanjang waktu. Keberadaan energi gelap ini membingungkan karena gravitasi adalah gaya yang saling tarik-menarik dan seharusnya memperlambat pemuaian alam semesta. Untuk menjelaskan fenomena tolak-menolak ini, kita harus mengasumsikan bahwa alam semesta ini berisi energi tambahan yang wujudnya belum diketahui, yakni energi gelap. Fenomena energi gelap ini tak ada hubungannya dengan materi gelap walaupun sama-sama berakhiran “gelap”. Ini masalah penamaan saja karena astronom seringkali kurang kreatif dalam memberi nama hehehe…