fbpx
langitselatan
Beranda » Kompetisi Komik Space Scoop!

Kompetisi Komik Space Scoop!

Dalam rangka merayakan website baru Space Scoop dan peringatan ke-10 tahun Universe Awareness, kami mengundang para pembaca Space Scoop untuk membuat komik Space Scoop.

 

ComicContest_Banner-extended

Siapa saja yang berusia antara 8 hingga 18 tahun kami undang untuk membuat komik pendek (karya sendiri lho ya) berdasarkan cerita-cerita Space Scoop kami yang dimuat di www.spacescoop.org atau di laman langitselatan. Para peserta hanya perlu memlilih cerita favorit Space Scoop, mengunduh format komik, dan berkreasi sesuka hati.

Kami menerima karya yang dibuat dengan media tradisional, seperti cat air, pensil warna, spidol, mosaik, dan krayon, atau digital software, misalnya Paint, GIMP or Adobe Illustrator.

Di setiap negara akan dipilih tiga pemenang, satu untuk masing-masing kategori (usia 8-11 tahun, 12-15 tahun, dan 16-18 tahun). Seluruh pemenang akan mendapatkan bingkisan dan sertifikat. Selain itu, karya pemenang akan ditampilkan di website Universe Awareness internasional (www.unawe.org).

Karya-karya pemenang dari seluruh negara akan dinilai oleh panel juri internasional. Satu pemenang internasional akan mendapatkan hadiah komputer KANO, sedangkan tiga pemenang harapan akan mendapatkan  Galileoscope.

Tata Cara:

Karya yang diikutkan kontes boleh dalam semua bahasa dan merupakan karya anak-anak berusia antara 8 dan 18 tahun.

Kompetisi ditutup tanggal 19 November 2016 pukul 06.59 WIB. Untuk pengiriman melalui pos, karya paling lambat diterima tanggal 18 November (cap pos). Para pemenang akan diumumkan di website Universe Awareness paling lambat tanggal 2 Desember 2016.

Peserta wajib mengisi formulir, yang harus ditandatangani dan diperiksa oleh guru, orang tua, atau wali.

Karya dapat dikirim secara elektronik ke Penyelenggara Kontes Komik Space Scoop  ([email protected]) dengan format jpg, png, atau pdf. Ukuran file tidak boleh melebihi 1 MB.

Karya juga dapat dikirim melalui pos ke Penyelenggara Kontes Komik Space Scoop ke alamat berikut:

langitselatan
PO BOX 6760 BDCP
40161A
Bandung – Indonesia

Kami sarankan supaya peserta juga menyimpan salinan atau backup karya yang diikutkan kontes.

Seluruh karya yang masuk akan ditampilkan di galeri langitselatan. Karya-karya tersebut akan dinilai berdasarkan orisinalitas, interpretasi materi cerita, teknik kreatif, komposisi, dan penampilan secara keseluruhan.

Para pemenang akan dipilih dari kategori-kategori berikut: umur 8-11 tahun, 12-15 tahun, dan 16-18 tahun.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai peraturan dan persyaratan kompetisi dalam bahasa indonesia, silahkan kunjungi laman Panduan Kontes Komik Space Scoop atau dalam bahasa inggris: http://www.unawe.org/kids_contest/

Informasi lainnya: Space Scoop adalah bagian dari proyek EU Space Awareness yang didanai oleh Program Horizon 2020 Uni Eropa

Avatar photo

Ratna Satyaningsih

menyelesaikan pendidikan sarjana dan magister astronomi di Departemen Astronomi Institut Teknologi Bandung. Ia bergabung dengan sub Kelompok Keahlian Tata Surya dan menekuni bidang extrasolar planet khususnya mengenai habitable zone (zona layak-huni). Ia juga menaruh minat pada observasi transiting extrasolar planet.

Tulis Komentar

Tulis komentar dan diskusi di sini