fbpx
langitselatan
Beranda » Serbuan Alien?

Serbuan Alien?

Tak bisa dipungkiri kalau astronomi sudah sangat maju. Meskipun demikian, manusia masih belum ada kontak apapun dengan peradaban asing.  Tapi dari pengetahuan yang kita punya tentang alam semesta dan peradaban di Bumi, kita bisa membuat rekaan seperti apa peradaban asing tersebut.

Ilustrasi peradaban asing. Kredit: Chris Cold
Ilustrasi peradaban asing. Kredit: Chris Cold

Di tahun 1960-an, ada seorang ilmuwan yang bertanya-tanya apakah peradaban asing di luar Bumi itu lebih maju. Ia kemudian membuat sistem yang bisa memberi gambaran kemajuan sebuah  peradaban asing berdasarkan jumlah energi yang dapat dimanfaatkan.

Skalanya dari 1 sampai dengan 3. Peradaban tipe 1 merupakan peradaban yang paling dekat dengan Bumi. Tipe peradaban ini akan dapat mengumpulkan energi dari planetnya sendiri termasuk dari cuaca, gempa bumi dan gunung berapi.  Mereka juga mengambil keuntungan dari antariksa dan bahkan membangun kota di lautan.

Peradaban berikutnya adalah mereka yang bisa menangkap energi dari bintang induknya. Energi yang diperoleh kemudian digunakan untuk tenaga komputer super dan bahan bakar perjalanan antariksa.

Dan peradabam tipe 3 adalah : peradaban super. Peradaban ini sudah sangat maju dan bisa memanfaatkan energi bukan hanya dari bintang induknya tapi juga dari seluruh galaksi! Kehidupan akan bisa ditemukan si semua sudut galaksi dan peradaban ini akan menggunakan energi dari miliaran bintang yang ada di galaksi tersebut.

Dari sudut pandang pengamat di luar galaksi tersebut, jika ada galaksi dengan peradaban tipe 3 maka galaksi yang jadi rumah bagi peradaban tersebut tidak akan tampak. Satu-satunya yang bisa dideteksi adalah panas.

Dari hasil penelitian terbaru, peradaban tipe 3 ini tidak ditemukan di sekitar Bima Sakti karena kita bisa melihat bintang-bintang di galaksi-galaksi dekat bersinar terang. Tapi bisa saja ada peradaban asing tipe 1 dan 2 yang menanti untuk ditemukan…

Fakta menarik: Kehidupan di Bumi merupakan peradaban tipe 0. Kita memanfaatkan energi dari Bumi seperti bahan bakar yang dihasilkan dari fosil (contohnya bensin) dan energi air, Akan tetapi belum semua energi di Bumi dimanfaatkan manusia.  Perkembangan teknologi dan laju penduduk Bumi akan menjadi salah satu pemicu yang membawa manusia untuk berevolusi menjadi peradaban tipe 1 dalam beberapa ratus tahun!

[divider_line]

Sumber: Dipublikasi kembali dari Space Scoop Universe Awareness edisi Indonesia

Baca juga:  Penemuan Keren dari Program Sains Warga
Avivah Yamani

Avivah Yamani

Tukang cerita astronomi keliling a.k.a komunikator astronomi yang dulu pernah sibuk menguji kestabilan planet-planet di bintang lain. Sehari-hari menuangkan kisah alam semesta lewat tulisan dan audio sambil bermain game dan sesekali menulis makalah ilmiah terkait astronomi & komunikasi sains.

Avivah juga bekerja sebagai Project Director 365 Days Of Astronomy di Planetary Science Institute dan dipercaya IAU sebagai IAU OAO National Outreach Coordinator untuk Indonesia.

Tulis Komentar

Tulis komentar dan diskusi di sini