Beranda » Tirai Cahaya di Bintang Katai Coklat

Tirai Cahaya di Bintang Katai Coklat

Katai coklat. Bintang atau Planet? Kedua obyek ini jelas berbeda. Planet hanya bisa memantulkan cahaya sedangkan bintang mampu memancarkan cahayanya sendiri. Tapi ada obyek yang berada di batas antara planet dan bintang. Obyek-obyek ini sangat dingin untuk ukuran sebuah bintang.

Ilustrasi aurora di katai coklat. kredit: Chuck Carter dan Gregg Hallinan/Caltech

Katai coklat atau dikenal sebagai bintang gagal, merupakan obyek dingin yang tidak mampu membangkitkan pembakaran hidrogen di inti seperti bintang pada umumnya. Tapi obyek ini memiliki karakter sebagai bintang. Karena itu ia diklasifikasikan sebagai katai coklat.

Di sisi lain, obyek dingin tersebut juga memiliki beberapa karakteristik sebagai planet meskipun ia terlalu masif untuk dikelompokkan sebagai planet.

Maka batasan massa juga jadi salah satu cara untuk menentukan sebuah obyek itu katai coklat atau planet raksasa. Batas massa minimum sebuah katai coklat adalah 13 massa Jupiter karena obyek dengan massa tersebut dapat melakukan pembakaran deutrium.

Akan tetapi ada yang menarik dari hasil pengamatan katai coklat yang dilakukan oleh Gregg Hallinan dari Caltech. Pengamatan dengan menggunakan teleskop radio dan teleskop optik pada bintang katai coklat yang berada 20 tahun cahaya dari Bumi memperlihatkan kejadian yang menjadikan katai coklat lebih cocok disebut planet berukuran super.

Apa itu? Para astronom ini berhasil mendeteksi aurora yang sangat kuat di kutub magnetik katai coklat.

Aktivitas magnetik yang dipertunjukkan oleh katai coklat tersebut berbeda dengan aktivitas magnetik di bintang-bintang kecil, dan lebih mirip dengan planet raksasa yang memiliki aurora yang kuat.

Seandainya kita bisa berdiri di permukaan bintang katai coklat LSR J1835 + 3259, maka kamu akan menemukan dirimu sendiri takjub melihat keindahan tirai cahaya yang ratusan bahkan ribuan kali lebih besar dan kuat dari yang pernah dideteksi di tata Surya, termasuk di Bumi. Sayangnya, kita tidak akan pernah bisa menikmati itu, karena meskipun terhitung bintang dingin, tapi temperatur katai coklat masih terlalu panas untuk kita dan gravitasinya juga sangat kuat.

Menarik sekali kan seandainya kita bisa menikmati tirai cahaya seperti itu? Tapi kehadiran tirai cahaya ini pulalah yang menghadirkan pertanyaan baru tentang batas sebuah katai coklat dan planet.

Dari mana para astronom mengetahui kehadiran aurora tersebut?

Di awal tahun 2000-an, para astronom mulai mengetahui kalau katai coklat memancarkan gelombang radio. Awalnya, diasumsikan kalau katai coklat menghasilkan gelombang radio seperti bintang pada umumnya. Gelombang radio dihasilkan ketika lapisan atmosfer yang sangat panas atau korona dipanaskan oleh aktivitas magnetik di dekat permukaan obyek. Tapi, katai coklat tidak  menghasilkan flare ataupun memancarkan partikel bermuatan seperti halnya Matahari dan bintang lainnya. Karena itu kehadiran gelombang radio di katai coklat mengejutkan para astronom.