Beranda » IAU Siapkan 20 Dunia Asing Untuk Dinamai

IAU Siapkan 20 Dunia Asing Untuk Dinamai

Tahun 2014 International Astronomical Union dan Zooniverse meluncurkan kontes penamaan dunia asing yang diberi nama kontes NameExoWorlds. Kontes tersebut saat ini sudah memasuki tahap berikutnya dimana 20 dunia baru sudah dipilih untuk dinamai oleh klub maupun organisasi non profit yang sudah terdaftar di direktori IAU.

nameexoworld
Di masa lalu, benda-benda langit diberi nama oleh masyarakat dan pada umumnya setiap negara dan budaya memiliki penamaan yang berbeda. Bagi para astronom, sistem keplanetan baru yang ditemukan sejak tahun 1995 memiliki nama ilmiah yang mungkin bagi masyarakat terdengar aneh. Karena itulah IAU memutuskan untuk mengajak masyarakat terllibat dalam memberi nama populer bagi 20 sistem keplanetan yang sudah dikonfirmasi keberadaannya dan sudah dipelajari selama 20 tahun ini.

Dua puluh sistem yang dapat diberi nama oleh publik. Kredit: NameExoWorld

Ke-20 sistem yang dipilih berasal dari 20 sistem yang ditemukan sampai dengan 31 Desember 2008. Salah satu syarat penentuan ke-20 sistem ini adalah, mereka sudah ditemukan lebih dari 5 tahun. sistem yang bisa dinamai ini dipilih dari sistem exoplanet yang ditemukan lewat berbagai metode antara lain metode kecepatan radial, transit, lensamikro, dan pemotretan secara langsung.  Kontes NameExoWorlds memberikan kesempatan kepada masyarakat global untuk turut serta ambil bagian dalam penamaan dunia baru yang ditemukan para astronom. Penamaan ini tidak hanya untuk menamakan exoplanet melainkan juga bintang yang menjadi induk sistemnya.

Ke-20 sistem yang bisa dinamai tersebut tidak hanya terdiri dari sistem tunggal dengan satu planet melainkan juga sistem multipel dengan beberapa planet. Setiap organisasi diperkenankan untuk mengajukan 1 nama untuk 1 ExoWorld. Jumlah nama yang bisa diajukan akan disesuaikan dengan sistem yang dipilih. Untuk sistem tinggal maupun multipel, nama yang diajukan disesuaikan dengan jumlah planet ditambah dengan nama bintang induknya.

exoworld
Daftar 20 sistem ExoWorld untuk diberi nama. Kredit: NameExoWorld

Dari 20 sistem yang bisa dinamai, ada 5 bintang yang sudah memiliki nama populer dan tidak diperkenankan untuk diberi nama baru. Kelima bintang itu adalah Fomalhaut (alpha Piscis Austrini) yang merupakan satu dari empat bintang kerajaan Persia kuno bersama Aldebaran, Antares dan Regulus. Bintang kedua adalah Pollux (beta Geminorum), saudara kembar dari Castor. Pollux dan Castor adalah putra Zeus (Jupiter) dan Leda dari mitologi Yunani dan Romawi. Rasi Gemini diberi nama berdasarkan kisah si kembar ini. Tiga bintang lainnya yang sudah memiliki nama populer adalah gamma Cephei (Errai, yang artinya gembala dalam bahasa Arab), epsilon Tauri (Ain, mata kerbau dalam bahasa Arab), dan iota Draconis (Edasich, dari bahasa Arab). Bintang-bintang ini juga memiliki nama populer lain dalam berbagai budaya.

Secara keseluruhan ada 15 bintang dan 32 planet (47 Obyek) yang dapat diberi nama populer. Penjelasan terkait ke-20 bintang dan juga pesan dari para penemunya bisa dibaca di laman ExoWorlds.