Beranda » Mengapa Teleskop Bisa Melihat Galaksi Jauh Tapi Tidak Bisa Melihat Exoplanet?

Mengapa Teleskop Bisa Melihat Galaksi Jauh Tapi Tidak Bisa Melihat Exoplanet?

LS, mo tanya. Setau ane, teleskop yang paling canggih saat ini bisa ngelihat sampe ke galaksi yang jaraknya super duper jauh mendekati usia alam semesta. Hal yang bikin ane bingung, kalo emang teleskop bisa melihat sedemikian jauhnya, kenapa sampai sekarang belum ada hasil gambar/intipan detail sampai ke daratan planet2 didalam galaksi kita yg berjarak gak begitu jauh?? Terimakasih

Agung Hadi – Purwokerto

Aneh bukan? Galaksi yang jauh sekali tampak sangat detail sedangkan planet yang dekat hanya tampak seperti sebuah gumpalan atau bola pingpong dan bola tenis dalam hasil potretan. Kenapa belum ada teleskop yang bisa melihat sampai ke permukaan planet?

Ini karena galaksi-galaksi yang demikian jauh itu demikian besar dan terangnya, sehingga dapat dilihat dari jarak yang amat sangat jauh. Di lain sisi, eksoplanet adalah objek yang sangat redup dan kecil sehingga amat sulit melihat mereka. Tambahan lagi, eksoplanet berada amat dekat dengan bintang induk mereka, sehingga sinarnya kalah terang.

Galaksi UDFj-39546284, salah satu galaksi terjauh yang dilihat Teleskop Hubble. Kredit: NASA, ESA, Garth Illingworth (University of California, Santa Cruz) and Rychard Bouwens (University of California, Santa Cruz & Leiden University) dan Tim HUDF09

Galaksi yang terjauh yang bisa kita amati juga terlihat tidak tampak seperti galaksi. Hanya segumpal cahaya terang saja. Foto di atas adalah foto salah satu galaksi terjauh yang bisa diamati Hubble. Galaksi ini tidak nampak seperti foto-foto galaksi yang biasa kita lihat, yang nampak demikian megahnya. Pada jarak yang demikian ekstrim ini, citra sebuah galaksi tidak ada bedanya dengan citra bintang-bintang di dalam galaksi kita. Galaksi ini memiliki magnitudo 30, artinya ini sekitar 4 milyar kali lebih redup dari bintang paling redup yang bisa dilihat mata kita (sekitar magnitudo 6).

Apabila sebuah eksoplanet dengan kecerlangan yang menyerupai Jupiter, misalnya, kita letakkan pada jarak 50 tahun cahaya, maka magnitudonya adalah sekitar 26.5. Meskipun ini lebih terang sekitar 25 kali dari galaksi terjauh tadi, kita akan kesulitan mengamati eksoplanet tersebut karena cahaya bintang induk yang dikitari eksoplanet tersebut akan mengalahkan cahayanya yang amat sangat redup. Karena persoalan inilah, pengamatan eksoplanet secara langsung hampir tidak dapat dilakukan. Yang bisa kita lakukan adalah mengamati efek-efek yang dialami bintang induk tersebut karena gerak orbit eksoplanetnya. Pengamatan secara langsung yang bisa dilakukan masih snagat terbatas pada bintang-bintang yang jaraknya tidak jauh dari Matahari dengan ketentuan, planet yang mengitarinya harus berada dalam jarak 100 au dari bintang induknya.  Dan itu pun amat sangat terbatas. Contoh hasil pengamatan langsung planet pada bintang Fomalhaut bisa dilihat pada foto di bawah ini.

Gerak orbit Fomalhaut b yang disingkap Teleskop Hubble dan keberadaan sabuk debu dan es. Kredit : NASA, ESA, and P. Kalas (University of California, Berkeley and SETI Institute)

Dalam hal ini persoalannya tidak hanya terletak pada redupnya objek yang ingin diamati, namun juga pada sulitnya mengamati eksoplanet yang berada dekat pada objek terang.

Mengapa dapat mengamati detail-detail galaksi yang jauh (namun tidak terlalu jauh seperti galaksi di atas), namun tidak dapat mengamati detail-detail daratan eksoplanet? Jawabannya terletak pada daya pisah atau resolving power dari teleskop. Apa itu daya pisah? Ini merupakan kemampuan instrumen atau alat untuk memisahkan dua obyek yang memiliki jarak sudut yang sangat kecil. Atau dengan kata lain, daya pisah merupakan kemampuan alat optik untuk memisahkan dua benda jauh yang berdekatan sehingga tidak tampak sebagai satu benda.