Beranda » Hidup Bertetangga: Mencari ETI

Hidup Bertetangga: Mencari ETI

ETI, bukan nama gadis, tetapi initial dari “Extra Terrestrial Intelligence”—mahluk berintelegensia  yang hidup di luar sana, bukan penghuni Bumi. Mahluk planet lain yang diperkirakan merupakan produk logis dari proses sekuensial  evolusi organik. Itulah yang dicari oleh mahluk yang mengaku dirinya intelegen, penghuni dan kenyataannya, tuan di planet ketiga dalam Tata Surya kita.

Pencarian itu, yang sebenarnya sudah dimulai dengan upaya teknologi dan ilmu pengetahuan, pada awal tahun 1960-an, merupakan konsekuensi logis dari keberadaanya di alam semesta yang tidak dapat lagi di pandang secara univariat. Dalam sejarah kemanusiaan memang telah dikenal suatu periode panjang yang menggenggam pikiran bahwa tata-surya beserta 9 buah planet, dan Bumi sebagai mahligai kemanusiaan merupakan suatu unikum.

Ilustrasi exoplanet. Kredit: Nature

Begitu pula bintang yang bertebaran di alam semesta, yang menampakkan diri di malam hari sebagai penghias langit, adalah produk sebuah proses alami. Pembentukan benda-benda itu, menurut kaidah ilmu pengetahuan alam, dituntun oleh aksi kerjasama gaya berat, gelombang elektromaknetik yang interaktif dan tarik menarik elemen kimiawi. Tentu saja elemen kimia pada permulannya sangat sederhana, tidak sebanyak dan serumit seperti tertampak dalam tabel periodik sekarang.

Seiring dengan meningkatnya kadar intelegensia mahluk di Bumi, sebagai mahluk pemikir yang punya keingintahuan, disadarilah bahwa Bumi dan planet lain, yang bergasing dan berkeliling Matahari adalah hasil bentukan suatu proses mekanistik di dalam  serba sekalian Alam—resultante dari interaksi berbagai gaya, manifestasi paduan proses fisik dan kimiawi.

Dalam upayanya itu manusia yang berakal dan beriman tidak akan meninggalkan kebesaran Pencipta yang dianggapnya berpandangan jauh ke depan, dengan membina alam semesta yang multivariate, bhineka tunggal ika. Melalui lorong itulah para ilmuwan mencoba dan pencinta ilmu ke-alaman astronomi, mempersiapkan diri untuk mengenali “Jejak kehidupan di Planet lain”. Sebelum kehidupan itu diperoleh tentunya mencarti (istilah sekarang survey) dalam lingkungan yang dikuasai oleh ilmunya adakah benda langit yang mampu menjadi singgasana kehidupan. Ternyata ditemui banyak sekali planet di luar Tata Surya kita. Planet itu beratribut aneka ragam massa, ada yang lebih kecil dan ada yang lebih besar dari Bumi. Ada yang mengandung sifat kimiawi, mempunyai beragam garis edar mengelilingi bintang induknya. Sampai saat ini tidak kurang dari 6000 buah exoplanet telah ditemui. Dari padanya kurang dari 500 buah yang mengimitasi besaran Bumi, dan hanya sedikit sekali yang berada pada zona kehidupan bintang-bintang induk. Zona kehidupan adalah lajur di sekitar bintang induk yang mempunyai syarat tertentu dan terbatas untuk memungkin planet-luar tersebut mengembangkan kehidupan (yang sederhana sekalipun).

Masyarakat astronomi mebangun peralatan rumit dan cara deduksi yang pelik, walaupun tidak sukar, untuk mengindera planet-planet luar yang diduga berada disana dalam keluasan dan kebinekaan ujud alam semesta. Banyak terminologi astronomi dan keilmuan lain diperkenalkan ke dalam jargon ilmiah untuk memudahkan komunikasi antar ilmuwan mapun guna penyebaran idea.