Beranda » Exoplanet Neapolitan, Exoplanet Dalam Tiga Rasa Berbeda

Exoplanet Neapolitan, Exoplanet Dalam Tiga Rasa Berbeda

Percaya tidak kalau Tata Surya itu punya filosofi eh salah, punya rasa es krim? Pernah makan es krim kan? Es krim itu punya setidaknya 3 rasa yang “utama aka mendasar” yakni, coklat, vanila dan stroberi.

Ilustrasi planet katai gas. Kredit: J. Jauch

Pasti ada dong yang suka mencampurkan rasa di es krimnya aka membeli es krim dua rasa. Saya sangat menyukai perpaduan coklat dan vanila. Nah, kira-kira seperti itulah Tata Surya. Ada dua rasa mendasar yang menyusun sistem keplanetan kita. Yang pertama adalah planet kecil batuan aka planet kebumian dan planet gas raksasa seperti Neptunus dan Jupiter.

Sayangnya tak ada rasa stroberi di Tata Surya. Padahal pasti ada kan yang suka es krim neapolitan yang punya 3 rasa tersebut.  Bagaimana dengan planet-planet yang sudah ditemukan. Apakah ada planet rasa stroberi?

Planet rasa stroberi secara astronomis harusnya berupa planet dengan ukuran 1-4 kali ukuran Bumi. Meskipun planet seperti ini tidak ada di Tata Surya, Wahana Kepler justru menemukan kalau planet-planet tersebut umum ditemukan di bintang-bintang lain. Dari hasil pengamatan Wahana Kepler, exoplanet yang lebih kecil dari 4 kali ukuran Bumi menempati 3/4 planet yang ditemukan Kepler. Dan exoplanet berukuran kurang dari 4 kali ukuran bumi pada umumnya merupakan planet batuan yang juga menjadi target pencarian planet yang berpotensi mendukung kehidupan.

Dari semua exoplanet yang sudah ditemukan, para astronom membaginya dalam 3 kelompok berdasarkan komposisi yang membentuknya, yakni planet kebumian, planet gas raksasa dan planet dengan ukuran menengah yang disebut planet gas katai.

Bagaimana para astronom melakukan klasifikasi?
Seperti yang kita ketahui, Wahana Kepler merupakan mata para astronom untuk mencari exoplanet di bintang lain. Ia melakukan pencarian dengan melihat kedipan bintang saat ada sebuah planet melintas di depan bintang tersebut. Ketika bintang berkedip sesaat, terjadilah peredupan cahaya bintang meksipun sangat kecil. Peredupan inilah yang menjadi tanda kehadiran obyek yang mengelilingi bintang tersebut.

Dari pengamatan dengan metode transit tersebut, para astronom bisa menentukan ukuran planet dari banyaknya cahaya bintang yang terhalangi oleh planet. Tapi, untuk bisa mengetahui komposisi planet, perlu diketahui massa planet sehingga kerapatannya bisa dihitung. Kerapatan planet batuan lebih tinggi dibanding planet gas. Sayangnya, semakin kecil planet maka akan semakin sulit untuk mengukur massa planetnya. Apalagi jika bintang induknya merupakan bintang jauh yang redup.

Untuk itu, Lars A. Buchhave dari Harvard-Smithsonian Center for Astrophysics (CfA), yang memimpin penelitian ini melakukan pendekatan berbeda. Yang diukur adalah jumlah elemen berat. Untuk dunia astronomi, elemen berat merupakan elemen selain hidrogen dan helium, atau yang disebut logam. Bintang dan planet terbentuk dari piringan materi yang sama. Karena itu kandungan logam di bintang akan mencerminkan komposisi dari piringan protoplanet.