Beranda » Pembentukan Planet Yang Kaya Karbon

Pembentukan Planet Yang Kaya Karbon

Apa yang menentukan komposisi sebuah planet? Jawabannya tentu saja ada pada komposisi materi yang membentuk planet itu sendiri. Dalam penelitian yang dilakukan oleh John Moriarty, Nikku Madhusudhan, dan Debra Fischer dari Universitas Yale, mereka mencoba menganalisa tahap awal pembentukan planet untuk bisa memprediksikan elemen-elemen yang menyusun si planet.

Piringan pembentukan planet. Kredit: NASA

Elemen yang dijadikan fokus adalah perbandingan keberadaan karbon dan oksigen di sebuah planet, mengingat perbedaan elemen-elemen ini memberikan pengaruh yang sangat besar dalam senyawa kimia planet. Sebagai contoh, planet yang kaya oksigen seperti Bumi (atau rasio C/O rendah) akan mendukung kehadiran uap air di atmosfer. Sedangkan jika sebuah planet memiliki C/O yang tinggi aka kaya karbon, maka planet hanya memiliki sedikit air dan lebih mendukung keberadaan metana (CH4).

Simulasi yang dilakukan menitikberatkan pada planet kebumian, seperti Bumi dan bukan planet gas. Planet kebumian terbentuk dari tabrakan dan campuran obyek-obyek kecil yang disebut planetesimal (dalam hal ini asteroid). Planetesimal terbentuk dalam piringan gas dan debu protoplanet yang mengelilingi bintang di masa awal kehidupan bintang dengan jawak waktu sampai beberapa juta tahun.

Pada bagian pertama simulasi, dilakukan pemodelan evolusi piringan protoplanet. Pada tahap ini, piringan gas dan debu tersebut memulai perjalanannya dalam kondisi yang panas dan rapat. Tapi kemudian secara bertahap mengalami pendinginan dan disipasi. Dari sini bisa diketahui temperatur, tekanan, dan kerapatan di setiap lokasi di dalam piringan. Tak hanya itu, pemodelan yang dibuat bisa mengikuti jejak materi di seluruh piringan.

Komposisi awal dari piringan tersebut diasumsikan memiliki kesamaan dengan bintang induknya mengingat keduanya berasal dari materi cikal bakal yang sama. Tapi saat piringan mengalami evolusi, komposisi akan berubah.  Pada saat piringan masih panas, sebagian besar materi berada dalam wujud gas. Ketika piringan mulai mengalami pendinginan, maka akan semakin banyak materi yang membeku dan mulai membentuk wujud padat.

Dalam proses perubahan wujud tersebut, ada tatanannya juga. Dan tatanan atau urutan ketika senyawa kimia menjadi padat disebut dengan “urutan kondensasi”.  Senyawa pertama yang mengalami pembekuan adalah materi “tahan panas” seperti logam dan batuan, dengan temperatur sublimasi yang tinggi. Kemudian, setelah piringan menjadi lebih dingin, materi yang mudah menguap dengan temperatur sublimasi yang lebih rendah akan mengalami kondensasi. Materi yang memiliki temperatur sublimasi paling rendah, seperti hidrogen dan helium akan tetap berada dalam wujud gas.

Melalui pemodelan, prediksi kelimpahan materi padat dan gas di piringan bisa dilakukan berdasarkan kondisi lokal. Dan untuk membuat pemodelan jadi lebih nyata, berbagai senyawa kimia yang ada juga dimungkinkan untuk bereaksi satu sama lainnya membentuk senyawa baru yang memiliki sifat yang bisa jadi sama sekali berbeda.