fbpx
langitselatan
Beranda » Bintang yang Menyembunyikan Identitasnya

Bintang yang Menyembunyikan Identitasnya

Kalian para Space Scooper barangkali ingat kisah beberapa bulan lalu tentang “yang paling aneh di antara yang aneh-aneh”. Space Scoop berjudul Flare Dramatis dari Magnet di Angkasa itu mengisahkan cerita tentang sebuah magnetar bernama SGR 0418. Magnetar adalah bintang kecil yang ultra-padat dan tampak gelap. Kedengarannya tidak terlalu ekstrem ya, tapi magnetar adalah magnet yang sangaaaaaaaaaaaaat kuat. Bahkan, kekuatannya milyaran kali lebih kuat daripada kekuatan magnet tempelan kulkas di rumah kalian dan jauh lebih kuat daripada kekuatan magnet manapun yang bisa kita buat di Bumi. Kekuatan magnet magnetar bisa menghancurkan materi-materi di dunia ini. Selain itu, secara acak magnetar juga meletup (disebut gempabintang), termasuk menyemburkan sinar-X yang dahsyat.

Ilustrasi letupan dari sebuah magnetar. Kredit: sinar-X: NASA/CXC/Huntingdon Inst. for X-ray Astronomy/G.Garmire, optik: ESO/VL.
Ilustrasi letupan dari sebuah magnetar. Kredit: sinar-X: NASA/CXC/Huntingdon Inst. for X-ray Astronomy/G.Garmire, optik: ESO/VL.

Namun, SGR 0418 tampaknya berbeda dengan magnetar lainnya. Pada mulanya medan magnet magnetar yang satu ini tampak lebih lemah daripada medan magnet bintang lainnya yang sejenis. Seperti magnetar umumnya, SGR 0418 mengalami gempabintang reguler yang menghasilkan flare sinar-X yang dramatis.

Yang bikin magnetar satu ini membingungkan adalah kenyataan bahwa tak seorangpun memahami bagaimana medan magnet yang demikian lemah bisa menyebabkan terjadinya flare yang begitu dahsyat! Nah, para astronom dari Badan Antariksa Eropa (ESA) kini sudah memecahkan misterinya! Rupanya magnetar yang pandai menyimpan identitasnya ini menutupi salah satu magnet terkuat di jagad raya dan menyembunyikan kekuatan sebenarnya. Meskipun magnetar ini tampak biasa-biasa saja, identitas sejati yang dirahasiakannya berada tepat di bawah permukaannya!

Fakta Menarik: Meskipun kalian berada 900 km dari sebuah magnetar, medan magnet si bintang sangat kuat dan sanggup mengoyak-koyak kalian!

Sumber & crosspost: Universe Awareness Space Scoop

Baca juga:  Supermoon? Bulan Purnama Perigee!
Avatar photo

Ratna Satyaningsih

menyelesaikan pendidikan sarjana dan magister astronomi di Departemen Astronomi Institut Teknologi Bandung. Ia bergabung dengan sub Kelompok Keahlian Tata Surya dan menekuni bidang extrasolar planet khususnya mengenai habitable zone (zona layak-huni). Ia juga menaruh minat pada observasi transiting extrasolar planet.

2 komentar

Tulis komentar dan diskusi di sini