Beranda » Planet “Jupiter Kedua” Yang Dipotret Subaru

Planet “Jupiter Kedua” Yang Dipotret Subaru

Planet yang mengitari bintang lain bukanlah hal baru dalam dunia astronomi. Setidaknya sudah 18 tahun berlalu sejak planet di bintang 51 Pegasi ditemukan oleh Michel Mayor, Tonggak sejarah bagi dunia extrasolar planet atau planet yang mengitari bintang lain serupa Matahari.  Dan sampai saat ini tercatat 890 sudah ditemukan mengitari bintang lain baik yang serupa Matahari maupun yang memiliki kelas yang berbeda dengan Matahari.

Ilustrasi exoplanet GJ 504 b. Kredit: NASA's Goddard Space Flight Center/S. Wiessinger
Ilustrasi exoplanet GJ 504 b. Kredit: NASA’s Goddard Space Flight Center/S. Wiessinger

Jika melihat kondisi ini, tentunya penemuan satu lagi planet baru tidak akan mengejutkan bagi dunia astronomi. Sayangnya, asumsi seperti itu tidaklah tepat. Setiap penemuan planet baru memberi warna dan cerita tersendiri bagi pemahaman evolusi sistem keplanetan karena tidak ada yang ditemukan persis sama.

Tapi.. untuk bisa menemukan planet baru tidaklah mudah.  Lihatlah ke langit, dan kita akan melihat bintang sebagai satu noktah terang di sana. Sekarang jika ada planet di salah satu bintang itu, bagaimana mengenalinya? Planet memiliki ukuran jauhhhhh lebih kecil dari bintang. Kalau bintang cuma bisa kita lihat sebagai titik bagaimana dengan planet?

Untuk bisa mengenali keberadaan sebuah planet, para astronom mengembangkan teknik tidak langsung untuk mendeteksi keberadaan obyek yang mengelilingi bintang.  Sebagian besar planet ditemukan dengan cara tidak langsung lewat teknik kecepatan radial ataupun transit. Tapi ada juga yang berhasil dilihat secara langsung. Dan untuk bisa melihat secara langsung jelas tidak mudah!

Bak melihat seekor kunang-kunang yang melintas di depan lampu mercusuar yang super terang. Itulah yang harus dilihat para astronom untuk menentukan apakah sebuah bintang punya planet atau tidak! Tapi bukan berarti pengamatan secara langsung tidak bisa menemukan planet baru.  Setidaknya ada sekitar 30 planet berhasil dilihat secara langsung! Melihat sebuah planet secara langsung bisa memberikan informasi terkait luminositas, temperatur, atmosfer dan orbitnya.

Salah satu planet itu berhasil dilihat secara langsung oleh teleskop Subaru 8,2 meter dalam proyek Strategic Explorations of Exoplanets and Disks with Subaru (SEEDS) yang dipimpin oleh Motohide Tamura dari Universitas Tokyo dan National Astronomical Observatory of Japan (NAOJ).

Planet Raksasa di Kejauhan
Astronom yang bekerja dalam program SEEDS berhasil memotret citra sebuah planet masif yang mereka beri nama Jupiter kedua. Kandidat planet yang dipotret oleh SEEDS adalah GJ 504 b yang mengorbit bintang serupa Matahari GJ 504 atau yang dikenal sebagai 59 Virginis. Dari namanya bisa diketahui kalau bintang ini berada di rasi Virgo dan berada pada jarak 60 tahun cahaya dari Bumi. Dalam pengamatan, bintang GJ 504 termasuk terang untuk bisa diamati dengan mata tanpa alat. Kecerlangannya sekitar ~5 magnitud. Tapi, planet yang dilihat sedang mengitari sang bintang jauh lebih redup dengan kecerlangan 17-20 magnitud pada panjang gelombang infra merah.