fbpx
langitselatan
Beranda » Ledakan Meteor di Langit Rusia

Ledakan Meteor di Langit Rusia

Ada fireball  terlihat di Rusia yang artinya ada meteor yang masuk ke atmosfer Bumi dan melintas di langit. Dan ternyata si meteor itu tidak hanya melintas tapi jatuh di Rusia.

lintasan meteor di atas Rusia. Kredit: AFP Photo / Oleg Kargopolov
lintasan meteor di atas Rusia. Kredit: AFP Photo / Oleg Kargopolov

Fireball tersebut tampak di langit Rusia tepatnya tampak terbakar di atas langit Chelyabinsk, sebuah kota di timur pegunungan Ural dan berada 1500 km dari Moskow. Bola api itu sangat terang dan hampir bersaing dengan melebihi kecerlangan Matahari yang sedang menghiasi pagi di Rusia. Meteor tersebut tampak sekitar jam 09.30 pagi di Rusia dan meledak sekitar 10 km di atas permukaan tanah. Obyek yang meledak itu adalah sebuah meteoroid yang berubah jadi meteor, gumpalan batu angkasa yang masuk ke atmosfer Bumi. Gelombang kejut dari ledakan tersebut merusak sebagian gedung, membuat kaca pecah dan puing-puingnya beterbangan melukai masyarakat.

Menurut Russian Academy of Sciences, meteor yang baru saja meledak memiliki berat 10 ton dan memasuki atmosfer dengan kecepatan 54000 kph dan pecah pada ketinggian 30-50 km di atas permukaan. Tercatat 950 orang terluka karena pecahan kaca, 110 dirawat di rumah sakit dan dan setidaknya ada 2 yang mengalami luka serius.

Tak hanya itu, dilaporkan juga pecahan dari meteor tersebut juga menghujani area yang cukup luas di Rusia setelah terjadinya ledakan. Meteor yang diperkirakan memiliki diameter sekitar belasan 15 meter tersebut sudah terbakar habis dan hancur sehingga tidak akan ada akibat lebih besar lagi. Meteor ini lebih besar dibanding yang jatuh di Bone tahun 2009 dan 1/3 dari asteroid 2012 DA14.

Kebetulan atau bukan?
Lantas apakah kejadian ini terkait dengan Asteroid 2012 DA14 yang akan berpapasan dengan Bumi malam ini pada jarak 28000 km? Perlu dicatat bahwa meteor yang dilihat melintas dan terbakar di Rusia bukanlah bagian dari asteroid 2012 DA14 dan hampir dipastikan NASA memastikan kalau meteor yang meledak tersebut tidak memiliki hubungan dengan asteroid 2012 DA14. Tapi tak bisa dipungkiri kejadian ini menunjukkan kepada kita adanya bahaya tabrakan dari benda antariksa.

Batu tersebut memang meteor yang secara acak melintas dan masuk ke atmosfer Bumi.  Ini juga bukan kejadian langka karena memang bisa terjadi sekali dalam beberapa tahun tapi memang meteor yang satu ini mengundang perhatian besar karena jatuh di area berpenduduk.

Mengapa meteor ini tidak berhubungan dengan Asteroid 2012 DA14?

Pertama-tama kita harus melihat lintasannya.  Asteroid 2012 DA14 akan datang dari arah selatan dan kemudian terus bergerak ke utara. Kota Chelyabinsk berada di 55º09’ U dan 61º23’T dan asal mula kejadian tersebut atau radian dari datangnya meteor tampak datang dari arah utara ke selatan yang artinya merupakan obyek yang berbeda dari asteroid 2012 DA14 yang datang dari selatan ke utara. Bahkan seandainya asteroid DA14 itu punya pecahan pun, ia seharusnya datang dari arah yang sama dengan datangnya si asteroid yakni selatan ke utara.

Baca juga:  Aktivitas Vulkanik di 55 Cancri e
Arah datang meteor di Rusia. Kredit:  YouTube/??????? ?????????
Arah datang meteor di Rusia. Kredit: YouTube/??????? ?????????

Argumen kedua mengapa ini bukan bagian dari asteroid 2012 DA14, si meteor akan berpapasan dekat dengan Bumi jam 19:24 UT dan meteor ini melintas langit Rusia jam 09.20 pagi waktu lokal atau jam 03:20 UT. Artinya kejadian meteor ini sekitar 18 jam sebelum asteroid berpapasan dekat dengan Bumi.  Asteroid 2012 DA14 juga bergerak dengan kecepatan 8 km/detik yang artinya kedua obyek ini terpisah sekitar 500.000 km  dan bisa dipastikan keduanya berada pada orbit yang berbeda. Artinya lagi keduanya tidak berhubungan.

Tapi ya.. kejadian ini memang sebuah kebetulan yang luar biasa.

Beberapa video kejadian bisa dilihat di tautan di bawah ini :

 

Avivah Yamani

Avivah Yamani

Tukang cerita astronomi keliling a.k.a komunikator astronomi yang dulu pernah sibuk menguji kestabilan planet-planet di bintang lain. Sehari-hari menuangkan kisah alam semesta lewat tulisan dan audio sambil bermain game dan sesekali menulis makalah ilmiah terkait astronomi & komunikasi sains.

Avivah juga bekerja sebagai Project Director 365 Days Of Astronomy di Planetary Science Institute dan dipercaya IAU sebagai IAU OAO National Outreach Coordinator untuk Indonesia.

13 komentar

Tulis komentar dan diskusi di sini

  • Mbak salam kenal, 🙂 saya mau tanya, peristiwa jatuhnya asteroid ini apa sebelumnya tidak diketahui NASA atau pihak di Rusia yg mengurusi masalah ini?

  • jadi apakah video ini bisa dipastikan bukan hoax mba?? apakah gelombang kejutnya terjadi bersamaan dengan berpijarnya meteor itu?

    • video itu bukan hoax dan gelombang kejut dilepaskan ketika batuan meteor itu pecah dalam ledakan yg terdengar

    • ini adalah fenomena alam yang umum terjadi. bukan peringatan Allah. bukan hukuman Allah dan gak ada hubungan apapun dengan semua itu.

    • meteor benda kecil di angkasa yang masuk dalam atmosfer planet dalam hal ini masuk ke atmosfer Bumi. Komet, benda angkasa berupa batuan dengan inti es dan debu yang ketika mendekati Matahari es dan debu akan mengalami penguapan membentuk ekor gas.

  • Ada pertanyaan yang susah tapi langsung di jawab, enak kan! Pertanyaannya adalah kenapa Bulan menjauhi Bumi beberapa centimeter tiap tahunnya? Jawabannya langsung Kontan tidak usah lama, karena; karena Bulan adalah suatu Objek luar angkasa yang tiap beberapa menit di hujani Meteor bahkan Asteroid karena di Bulan kekurangan Gas Oksigen maka batuan Meteor dan Asteroid tidak habis terbakar (bisa saja batuan masih utuh dan masih berat) nah itulah yang membuat Massa Bulan bertambah dan makin berat, sehingga Rotasi pun makin kuat dan cepat, sehingga garis edar Bulan bertambah besar sedikit demi sedikit,.