Beranda » Ditemukan sebuah planet kecil di Alpha Centauri

Ditemukan sebuah planet kecil di Alpha Centauri

Kabar burung yang sudah terdengar beberapa hari terakhir ini kini sudah dipastikan: Sekelompok astronom menemukan planet kecil yang mengorbit Alpha Centauri B. Sebagaimana kita ketahui, Alpha Centauri adalah salah satu sistem bintang yang paling dekat dengan matahari kita. Jarak menuju sistem ini sekitar 4.3 tahun cahaya atau 40 trilyun kilometer. Ada dua bintang dalam sistem ini, yaitu Alpha Centauri A dan Alpha Centauri B. Keduanya saling mengorbit satu sama lain. Bintang ketiga, bernama Proxima Centauri, diduga juga merupakan bagian dari sistem ini. Lokasi Proxima Centauri agak jauh dari kedua bintang tersebut dan lebih dekat sedikit ke Matahari kita, jaraknya sekitar 4.2 tahun cahaya.

Mengingat Alpha Centauri dan Proxima Centauri adalah bintang-bintang yang paling dekat dari Matahari kita, tentu saja penemuan ini adalah hal penting dan boleh jadi akan dicatat sebagai salah satu penemuan terpenting dalam sejarah astronomi modern.

Orbit Alpha Centauri B b mengitari Alpha Centauri B, apabila dibandingkan dengan orbit Merkurius mengitari Matahari. Sumber: ESO.

Planet kecil (sebut saja namanya Alpha Centauri B b) yang ditemukan mengorbit Alpha Centauri B ini ditemukan berjarak sangat dekat dengan bintang induknya, yaitu hanya 0.04 satuan astronomi (1 satuan astronomi = 150 juta km). Bandingkan dengan Merkurius, planet terdekat ke Matahari kita, yang jaraknya 0.387 satuan astronomi. Akibat jaraknya yang pendek ini, planet ini mengorbit Alpha Centauri B dalam waktu singkat. Satu putaran ditempuh hanya dalam waktu 3.24 hari. Karena jaraknya yang sangat dekat dengan bintang induknya, kemungkinan di planet ini tidak ada kehidupan seperti yang telah kita ketahui.

Tentu saja ini sebuah prestasi besar dalam astronomi. Menemukan planet di luar tata surya kita, atau biasa disebut eksoplanet, sulitnya bukan main. Kesulitannya muncul karena eksoplanet relatif jauuuuuh lebih redup daripada bintang yang dikitarinya. Bayangkanlah misalnya kita berdiri di tepi Selat Sunda, di Pulau Jawa, dan dengan teleskop kita mengamati lampu mercu suar yang berada di pantai di Lampung, di seberang Selat Sunda. Di dekat lampu mercu suar tersebut ada seekor nyamuk yang sedang terbang dan tugas kita adalah berusaha mendeteksi keberadaan nyamuk tersebut. Di sinilah letak kesulitannya dan astronom harus memutar otak untuk dapat melakukan tugas ini.

Ada beberapa cara untuk dapat mendeteksi nyamuk di dekat mercu suar di seberang laut tersebut. Berikut adalah dua cara yang cukup populer digunakan astronom: Yang pertama, dengan mengamati pengaruh tarikan gravitasi planet tersebut terhadap bintang yang dikitarinya. Yang kedua, mengamati meredupnya bintang induknya apabila planet tersebut lewat di depan bintang yang dikitarinya.

Mendeteksi eksoplanet dengan cara mengamati pengaruh gravitasinya terhadap bintang pusat. Sumber: ESO.

Dalam metode pertama, yang disebut metode kecepatan radial, kita menyadari bahwa eksoplanet juga punya massa. Meskipun massanya jauh lebih kecil daripada bintang pusatnya, namun tetap gaya gravitasi yang dihasilkan eksoplanet akan tetap mempengaruhi gerakan bintang induk. Gangguan kecil akibat tarikan gravitasi eksoplanet inilah yang diamati oleh astronom. Tentu saja dibutuhkan instrumen yang sangat teliti dan analisis yang tajam untuk dapat memisahkan yang mana gerakan akibat gerak relatif antara matahari kita dan bintang tersebut, dan yang mana gerakan akibat gangguan oleh eksoplanet.