Beranda » Permulaan tradisi independen astronomi di Indonesia: Sejarah Observatorium Bosscha 1919–1939

Pendirian Observatorium Bosscha di Lembang pada dekade 1920an dapat dilihat dalam konteks merembesnya ilmu pengetahuan modern keluar dari Eropa dan pelaksanaan riset ilmu alam dalam situasi kolonial.

Foto udara Observatorium Bosscha dan lingkungannya pada tahun 1930an. Sumber: Koleksi pribadi Bambang Hidayat.

Kolonialisme, bagaimanapun, adalah hubungan yang tak setara tidak hanya antara para kolonis dengan penduduk asli, namun juga antara negara induk—negara metropolitan—dengan koloni (dalam konteks ini, Hindia Belanda). Ketidaksetaraan ini juga timbul dalam pelaksanaan penelitian ilmu alam, di mana penelitian di koloni didikte oleh institut-institut metropolitan berdasarkan ambisi dan kepentingan mereka. Penelitian astronomi di koloni, misalnya, dilakukan untuk keperluan pemetaan dan pencatatan waktu. Penelitian ilmu alam yang bertujuan untuk berkontribusi pada badan ilmu pengetahuan, tidaklah banyak dan kalaupun ada merupakan program yang ditetapkan oleh institut metropolitan di Negeri Belanda.

J.A.C. Oudemans (berpakaian putih, duduk memegang tongkat) berfoto dengan rombongannya dalam ekspedisi pemetaan Pulau Jawa. Sumber: Pyenson, 1989.

Salah satu astronom yang relatif sukses dalam menyeimbangkan dua kepentingan ini adalah Jean Oudemans. Pada tahun 1843, dalam usia 16, ia mendaftar sebagai mahasiswa Universitas Leiden dan kemudian menjadi murid astronom ternama Leiden, Frederik Kaiser. Di bawah bimbingan Kaiser, pada tahun 1852 ia menyelesaikan disertasi doktoralnya mengenai penentuan garis bujur Leiden. Pada tahun 1857, atas perintah Kaiser dan sponsor dari Kerajaan Belanda sendiri, Oudemans berangkat ke Hindia Belanda untuk melakukan pemetaan. Selama 18 tahun berikutnya ia melakukan pemetaan pulau Jawa yang kemudian diterbitkan dalam enam volume. Namun demikian, di sela-sela aktivitasnya sebagai kartografer, ia masih dapat melakukan aktivitas penelitian ilmu murni dengan mengamati okultasi bintang dan mengkoordinasikan pengamatan gerhana. Sekembalinya dari Hindia Belanda Oudemans menjadi direktur Observatorium Utrecht, namun pemerintah kolonial memintanya untuk kembali ke Hindia Belanda dan memetakan pulau-pulau di luar Jawa. Oudemans berhasil mendapatkan komitmen dari pemerintah Belanda untuk membiayai penelitian astronomi di Utrecht, namun ia harus mencurahkan perhatian dan keahliannya kepada keperluan praktis seperti pemetaan.

Foto Frederik Kaiser, astronom terbaik Leiden di jamannya dan juga pembimbing thesis Oudemans. Sumber: Observatorium Leiden.

Memasuki dekade kedua di abad ke dua puluh, penelitian astronomi di Eropa dan Amerika mulai memasuki babak baru. Pada waktu itu mulai disadari bahwa Matahari dan bintang-bintang lain terikat satu sama lain secara gravitasi membentuk sistem bintang yang dinamakan Galaksi. Keinginan untuk memahami lebih baik struktur sistem bintang ini mendorong pembangunan teleskop-teleskop besar di Bumi belahan selatan. Pada awal abad ke-20, teleskop-teleskop terbesar terletak di belahan utara Bumi: di Eropa atau di Amerika Utara. Ini membuat program-program pengamatan terkonsentrasi pada belahan langit bagian utara, membuat langit belahan selatan praktis adalah “terra incognita” atau daerah tak dikenal. Kebutuhan untuk mengumpulkan data secara lebih lengkap juga didorong oleh munculnya pembagian kerja dalam pelaksanaan penelitian ilmiah: Munculnya ahli teori dan pengamat. Untuk memformulasikan teori-teori mereka, ahli-ahli teori metropolitan membutuhkan data secara lebih menyeluruh, lebih dari yang bisa dikumpulkan oleh teleskop-teleskop di utara.

Kekuatan-kekuatan kolonial di Eropa mulai membangun stasiun pengamatan di selatan: Inggris membangun observatorium di Afrika Selatan, Perancis membangun di Madagascar, Jerman membangun di Argentina dan Samoa, dan donor-donor swasta di Amerika Serikat pun membiayai pembangunan observatorium di Amerika Selatan. Hanya Negeri Belanda, sebagai salah satu kekuatan kolonial, yang tidak memiliki stasiun pengamatan baik di metropolitan maupun di koloni mereka di Hindia Belanda. Situasi ini tidak lepas dari kondisi geografis di Belanda: Negeri Belanda sering hujan dan berkabut, sebagian besar daratannya lebih rendah dari permukaan laut, dan tidak banyak memiliki bukit-bukit. Hal ini mendorong astronom-astronom Belanda untuk mencari kolaborasi internasional dan bekerja sama dengan astronom dari negara-negara yang mengendalikan teleskop-teleskop besar.

Willem de Sitter, direktur Observatorium Leiden 1919--1934. Sumber: Wikipedia.
Willem de Sitter, direktur Observatorium Leiden 1919–1934. Sumber: Wikipedia.

Dengan cara ini, astronom-astronom di Negeri Belanda memperoleh reputasi internasional baik sebagai pengamat maupun ahli teori. Direktur Observatorium Leiden, Willem de Sitter, bekerja di Observatorium Semenanjung di Afrika Selatan dan kemudian terkenal dengan penelitiannya mengenai hakikat alam semesta. Jacobus Cornelius Kapteyn, pendiri “laboratorium” astronomi di Groningen, telah meneliti gerak dan distribusi bintang di Galaksi kita melalui penelaahan ribuan plat foto yang diambil oleh astronom David Gill di Observatorium Semenanjung Afrika Selatan. Kapteyn menyadari bahwa kurangnya pengamatan langit selatan berakibat pada kurangnya data dan pemahaman mengenai keseluruhan distribusi bintang di Galaksi. Gayung bersambut, kepentingan astronom metropolitan untuk membangun stasiun pengamatan di koloni muncul bersamaan dengan antusiasme insinyur-astronom Joan Voûte untuk mendirikan observatorium di Hindia Belanda.

Lukisan Jacobus Kapteyn, pendiri ``laboratorium'' astronomi Groningen, dilukis oleh Jan Veth. Di latar belakang terlihat foto astronom David Gill. Sumber: Institut Kapteyn, Groningen.
Lukisan Jacobus Kapteyn, pendiri “laboratorium” astronomi Groningen, dilukis oleh Jan Veth. Di latar belakang terlihat foto astronom David Gill. Sumber: Institut Kapteyn, Groningen.

Lahir pada tahun 1879 di Madiun, Joan George Erardus Gijsbert Voûte berasal dari keluarga kolonis Belanda. Nenek moyang Voûte adalah kaum Huguenot Perancis yang mengungsi ke Belanda setelah Raja Perancis Louis XIV mencabut Edik Nantes pada tahun 1685. Mengikuti tradisi kolonis Belanda, orang tua Voûte mengirim ia dan saudara-saudaranya ke Negeri Belanda untuk sekolah. Pada tahun 1908, setelah menyelesaikan studi teknik sipil di Institut Teknologi Delft, ia bekerja di Observatorium Leiden. Selama menjadi mahasiswa teknik sipil di Delft, Voûte tertarik untuk mengamati bintang variabel dan memutuskan untuk menjadi astronom. Voûte tinggal di Leiden selama lima tahun, bekerja tanpa bayaran selama dua tahun pertama dan kemudian menjadi asisten pengamat. Spesialisasinya adalah bintang ganda dan publikasi pertamanya keluar pada tahun yang sama. Tanpa gelar doktor, Voûte menyadari bahwa akan sulit untuk bisa memimpin penelitian astronomi di Negeri Belanda. Pandangannya mengarah keluar, dan ia melihat bahwa penelitian astronomi terhambat karena kurangnya jumlah observatorium dan pengamat di langit selatan. Voûte ingin mengamati langit selatan, dan berkat bantuan Kapteyn ia berhasil mendapatkan posisi di Observatorium Semenanjung dan bekerja mengamati bintang ganda dan mengukur paralaks bintang.

Hendricus van de Sande Bakhuyzen menggantikan Kaiser sebagai direktur Observatorium Leiden pada tahun 1872. Ia pensiun pada tahun 1908 dan kemudian menyumbangkan koleksi buku-bukunya kepada Observatorium Bosscha. Sumber: Wikipedia.

Di Afrika Selatan, Voûte berusaha untuk memperoleh posisi tetap di universitas setempat, namun Voûte mengeluhkan ketidakpedulian pemerintah setempat pada proposalnya. Ia mulai memikirkan untuk kembali ke Hindia Belanda dan meneliti di sana. Pada tahun 1919, kepala Observatorium Meteorologi dan Magnetik Kerajaan di Batavia, Willem van Bemmelen, menawarkan Voûte posisi sementara di institutnya untuk melakukan pengamatan dengan teleskop institut. Voûte menerima tawaran itu, berharap agar posisinya dapat berubah menjadi posisi tetap. Pada awal tahun 1920, Voûte mulai berpikir untuk mendirikan sebuah observatorium yang berdiri terpisah dengan Institut Meteorologi milik van Bemmelen.

Apa yang ada di pikiran Voûte pada waktu itu adalah sebuah observatorium yang terikat dengan astronom-astronom metropolitan, “negara-negara lain sudah memiliki institusi serupa di koloni mereka,” tulis Voûte kepada mantan direktur Observatorium Leiden, Hendricus van de Sande Bakhuyzen, yang saat itu sudah pensiun. Voûte juga menulis surat kepada rekan-rekannya di Akademi Ilmu Pengetahuan Amsterdam, meminta mereka agar menekan Kementrian Kolonial agar mempertimbangkan penelitian astronomi di Hindia Belanda. Voûte juga meminta dukungan dari de Sitter dan Kapteyn, berharap bahwa dukungan dari keduanya dapat mendorong pemerintah kolonial agar membiayai pembangunan observatorium. Voûte berargumen bahwa observatorium ini akan memenuhi tidak hanya kebutuhan ilmu pengetahuan namun juga kebutuhan nasional: Observatorium ini akan dapat menyeimbangkan dominasi sekaligus melengkapi observatorium-observatorium di Utara. Perihal manajemen, saat itu Voûte menawarkan jalan tengah antara kasus Observatorium Greenwich dan Tanjung Harapan—dua observatorium yang dikendalikan Angkatan Laut Inggris namun pada praktiknya independen satu sama lain—dengan kasus Observatorium Harvard dengan Observatorium Arequipa, Peru—di mana Observatorium Peru berada di bawah kendali Observatorium Harvard. Voûte menawarkan posisi direktur yang independen namun akan mengikuti program penelitian di Leiden.

Dari kiri ke kanan: J.G.E.G. Voûte (direktur pertama Observatorium Bosscha), K.A.R. Bosscha (penyandang dana dan ketua NISV), Ina Voûte (istri Joan Voûte). Sumber: Koleksi pribadi Bambang Hidayat.

Tawaran Voûte mengenai hubungan atasan-bawahan antara astronom metropolitan dengan koloni ini berubah ketika ia mulai menjalin persahabatan dengan dua orang pengusaha teh dari Bandung: Karel Albert Rudolf Bosscha dan Rudolf Albert Kerkhoven. Voûte yakin, kolaborasinya dengan kedua pengusaha ini akan berbuah dukungan dari Pemerintah Kolonial dan juga akan mengangkat pamornya di mata astronom-astronom metropolitan.

Baca juga:  Dan Beruang Merah Pun Gagal ke Bulan

Berbekal dukungan Bosscha dan Kerkhoven, Voûte menulis surat kepada pejabat sementara direktur Observatorium Leiden (de Sitter sedang berobat karena TBC di Swiss), Ejnar Hertzsprung, agar mengangkat Bosscha sebagai perwakilan Observatorium Leiden di Hindia Belanda dan juga agar Voûte diangkat sebagai direktur observatorium yang akan dibangun. Voûte juga menuliskan rencananya bahwa observatorium ini akan dilengkapi dengan teleskop refraktor dengan panjang fokus 7 meter dan akan menjadi teleskop yang unik di belahan Bumi selatan serta yang terbesar di teritori Belanda. Tentunya ini akan menarik perhatian para astronom metropolitan baik di Leiden maupun Groningen, dan Bosscha akan membiayai pembangunannya.

Ejnar Hertzsprung, salah satu pencipta Diagram Hertzsprung-Russell Diagram, memimpin Observatorium Leiden selama berobatnya de Sitter di Swiss. Sumber: www.daviddarling.info

Voûte juga meminta dukungan Kapteyn, dan Kapteyn mendukung dengan antusias. Sebagai seorang astronom tanpa akses teleskop, Kapteyn memiliki kepentingan terbesar. Ia menekankan pentingnya kerja sama antara pengamat dengan ahli teori, dan menawarkan agar plat-plat foto yang akan dihasilkan observatorium baru ini agar diolah di Groningen.

Kapteyn berpendapat bahwa astronom-astronom metropolitan juga harus bisa menentukan apa-apa yang akan dilakukan di koloni. Ia setuju dengan keputusan Voute bahwa observatorium Jawa akan berada di bawah kendali Leiden, namun ia menginginkan adanya pembagian kekuasaan yang lebih seimbang. Agar “seluruh tanggung jawab yang ada tidak sepenuhnya dibebankan kepada Observatorium Leiden,” Kapteyn mengusulkan sebuah komite yang tersusun atas direktur observatorium baru ini, direktur di Leiden, direktur di Groningen, dan beberapa penyandang dana utama.

Willem de Sitter tidak tertarik dengan usulan pembagian kekuasaan dengan Groningen ini. Menurutnya, direktur di Jawa akan menyusun sendiri keputusan-keputusan setempat. Ia juga mengusulkan adanya dewan kurator yang “berkuasa tidak hanya di atas observatorium Hindia Belanda namun juga di atas Leiden dan Groningen.” Usulan ini tentunya tidak disetujui Groningen, namun posisi Leiden yang kuat dalam sistem pendidikan Belanda membuat de Sitter memiliki otoritas yang lebih kuat di atas yang institut-institut astronomi lain. Voûte akan mengelola aktivitas harian observatorium di Hindia Belanda, namun Leiden akan menentukan arah penelitian.

Voûte berpihak pada Kapteyn melawan de Sitter. Ia mengatakan bahwa observatorium di Hindia Belanda akan dibangun di atas sebidang tanah di Lembang di dekat Bandung, Jawa Barat. Observatorium ini akan digunakan untuk pengamatan dan apa yang diamati akan disepakati bersama-sama dengan astronom-astronom Belanda. Ia setuju dengan susunan dewan kurator yang diusulkan Kapteyn. Direktur Lembang akan berkuasa penuh atas pengelolaan harian observatorium dan akan menyusun jadwal pengamatan berdasarkan panduan yang disusun dewan kurator. Setengah jadwal pengamatan akan menjadi jatah astronom-astronom metropolitan, sementara sisanya adalah hak Direktur Lembang.

Lukisan Hendrik Antoon Lorentz pada tahun 1916, dilukis oleh Menso Kamerlingh Onnes, adik kandung fisikawan (dan pemenang Hadiah Nobel) Heike Kamerlingh Onnes. Sumber: Institut Lorentz, Leiden.

Pada pertengahan tahun 1920 Voûte juga menulis kepada fisikawan ternama Hendrik Antoon Lorentz, dalam kapasitasnya sebagai ketua Akademi Ilmu Pengetahuan Amsterdam, agar menulis surat dukungan kepada Gubernur Jenderal Hindia Belanda dan juga surat apresiasi kepada Bosscha. Lorentz mengangkat surat ini dalam salah satu pertemuan Akademi dan membentuk komisi untuk membicarakan permintaan Voûte. Komisi ini diketuai oleh Hendricus van de Sande Bakhuyzen. Dengan segera de Sitter menulis surat kepada van de Sande Bakhuyzen akan pentingnya Observatorium Lembang menjadi satelit dari Observatorium Leiden. Lebih lanjut, Hertzsprung juga menawarkan prinsip pembagian kerja antara Leiden dengan Lembang: “Pengamatan di Hindia dan analisis di Belanda.” Setelah melalui berbagai perbincangan, Akademi akhirnya menulis surat kepada Pemerintah Belanda, seraya mendukung pembangunan observatorium di koloni dan agar memberikan dukungan dan kerja sama. Apabila Pemerintah Belanda, yang berkuasa atas Gubernur Jenderal Hindia Belanda, mau memberikan dukungan, maka tak pelak lagi astronom metropolitan di Leiden dan Groningen akan dapat mengendalikan salah satu observatorium terbesar di Bumi belahan Selatan. Akan tetapi, kekuasaan K.A.R. Bosscha sebagai penyandang dana utama tidaklah dapat diremehkan.

Potret K.A.R. Bosscha: pengusaha teh, penderma, dan penyandang observatorium yang kemudian dinamai atas dirinya. Sumber: Tropenmuseum, Amsterdam.

Pada dekade 1920an Karel Albert Rudolf Bosscha adalah salah satu orang terkaya di Jawa. Ia lahir pada tahun 1865 di Den Haag, Negeri Belanda, dari pasangan fisikawan Johannes Bosscha, Jr.—kepala Jurusan Fisika Institut Teknologi Delft—dengan Paulina Emilia Kerkhoven, putri pengusaha teh di Jawa. Bosscha belajar ilmu teknik di Delft, dan menjadi anggota perkumpulan astronomi setempat. Bosscha berangkat ke Hindia Belanda pada tahun 1887 dan mulai bekerja di perkebunan teh milik keluarga Kerkhoven. Tangan dingin Bosscha dalam mengelola perusahaan membuatnya diangkat menjadi direktur perusahaan teh Malabar di Pangalengan, Bandung. Pada akhir Perang Dunia I, 1918, kepiawaian K.A.R Bosscha dalam berdagang dan menanam modal telah membuatnya menjadi salah satu orang terkaya dan berpengaruh di Jawa. Ia juga adalah salah satu penderma besar dan telah banyak menyumbangkan sejumlah besar uang kepada institut-institut ilmiah di Hindia Belanda dan terutama kepada Technische Hogeschool te Bandoeng (THB—Sekolah Tinggi Teknik Bandung, kemudian menjadi Institut Teknologi Bandung).

Rudolf Albert Kerkhoven, yang juga adalah sepupu Bosscha, bekerja bersama-sama Bosscha di Perusahaan Teh Malabar. Kedua-duanya sama-sama antusias dengan astronomi dan bersama-sama mereka memutuskan untuk membangun observatorium terbaik di Bumi Selatan. Persahabatan keduanya dengan Voûte bagaikan takdir surgawi.

Seandainya astronom-astronom Leiden berhasil menggapai kendali atas pengelolaan Observatorium Lembang, Bosscha sadar ia tak akan bisa bersaing dalam hal otoritas ilmiah. Meskipun ia adalah orang kaya dan berpengaruh, ia bukanlah ilmuwan. Oleh karena itu, untuk menetralisirnya ia menciptakan sebuah perkumpulan yang akan bertindak sebagai bidan dan pengasuh institusi yang masih dalam kandungan ini. Bosscha mengumpulkan suri dan orang-orang terpelajar dan membentuk Nederlandsch-Indische Sterrenkundige Vereeniging (NISV—Perkumpulan Astronom Hindia Belanda). Meskipun bernama demikian, organisasi ini adalah organisasi yang dibangun dari atas dan bukan didirikan atas dasar kesamaan hobi anggota-anggotanya. Organisasi ini dibangun untuk menyalurkan uang bagi pembangunan observatorium. Keanggotaannya dibagi atas dasar jumlah uang yang disumbangkan: Pendiri organisasi menyumbang lebih dari 10 000 Gulden. Penyumbang memberikan uang masuk sebesar 500 Gulden dan iuran anggota 100 Gulden per tahun, sementara anggota biasa membayar 10 Gulden per tahun. Hingga tahun 1928, diperkirakan organisasi ini mampu menyumbangkan 1 juta Gulden untuk dana pendirian dan operasional harian observatorium.

Bosscha kemudian menulis surat kepada Ejnar Hertzsprung untuk menjelaskan kondisi terkini. NISV telah diisi oleh orang-orang berpengaruh di Hindia Belanda: Wakil Ketua Dewan Hindia Belanda menjadi ketua anggota kehormatan; Panglima Angkatan Laut Hindia Belanda, Laksamana Madya Umbgrove, adalah anggota kehormatan; Komite Pimpinan Harian terdiri atas pimpinan-pimpinan perusahaan komersial yang beroperasi di Hindia Belanda (antara lain Bank Jawa, Perusahaan Minyak Insulinde, dan Perusahaan Dagang Belanda) dan juga rektor THB—yang mana Bosscha telah menyumbangkan banyak uang; Bosscha sendiri duduk sebagai ketua NISV dan Kerkhoven menjadi sekretaris. Sebidang tanah di Lembang—sekitar 15 km ke utara Bandung dan 600 m di atasnya—telah disumbangkan oleh Ursone bersaudara, pengusaha pemerahan sapi Baroe Adjak, dan hak kepemilikan tanahnya telah diserahkan kepada NISV. Bosscha tidak hanya telah memperoleh perkiraaan harga untuk sebuah teleskop dengan panjang fokus 7 meter, namun juga telah memperoleh sumbangan buku-buku dari perpustakaan Hendricus van de Sande Bakhuyzen.