Beranda » Superstar dalam Kesendirian

Superstar dalam Kesendirian

Setiap bintang di langit punya cerita sendiri dan para astronom selalu ingin tahu setiap cerita itu.  Dalam pencarian itu, astronom menemukan sebuah bintang yang menakjubkan.

Bintang super yang massanya 150 kali lebih besar dari Matahari dan yang lebih menakjubkan lagi, terangnya 3 juta kali Matahari! Bintang ini ditemukan dalam awan gas dan debu raksasa yang dikenal dengan nama Nebula Tarantula.

Bintang super di Nebula Tarantula. kredit : ESO/M.-R. Cioni/VISTA Magellanic Cloud survey. Acknowledgment: Cambridge Astronomical Survey Unit

Waktu para astronom pertama kali menemukan bintang ini, mereka bahkan tiak sadar betapa spesialnya si bintang karena cahayanya terhalang debu sebelum bisa mencapai Bumi. Seperti seorang superstar yang identitasnya disembunyikan!

Akan tetapi, identitas bintang tersebut tak bisa terus disembunyikan. Sekelompok astronom yang menggunakan teleskop Very Large Telescope di Bumi yang canggih berhasil mempelajari detil bintang tersebut. Dan mereka menemukan kalau bintang ini merupakan salah satu dari bintang yang paling terang di alam semesta.

Superstar aka bintang super lainnya sudah ada yang berhasil diamati dan biasanya berada di pusat sebuah kelompok bintang yang ramai atau dengan kata lain dalam sebuah gugus bintang. Tapi yang ini berbeda. Superstar baru kita ini merupakan bintang pertama yang ditemukan hidup sendirian di angkasa dengan tidak ada bintang lain di dekatnya.  Tampaknya superstar alias bintang super ini dulunya tinggal bersama bintang lainnya sebelum ia dikeluarkan dari kelompoknya.

Menurut Jorick Vink dari Observatorium Armagh, Inggris, yang juga merupakan salah satu anggota tim penemu,” apakah bintang tersebut memang sudah sendiri sejak lahir atau pernah jadi anggota sebuah gugus bintang, yang pasti bintang super yang sepi sendiri ini merupakan obyek yang sangat menakjubkan.”

Sumber : Space Scoop / Universe Awareness