Beranda » Mengenal Extrasolar Planet Bersama Johny Setiawan

Mengenal Extrasolar Planet Bersama Johny Setiawan

Tanggal 8 – 9 Desember 2010, Program Studi Astronomi ITB mengadakan kuliah umum dan lecture series mengenai salah satu topik yang sedang berkembang pesat saat ini yakni Extrasolar Planet.  Kuliah Umum dan lecture series yang diselenggarakan di Program Studi Astronomi ITB tersebut, menghadirkan Dr. rer. nat. Johny Setiawan dari Max Plack Institut fur Astronomie – MPIA Heidelberg, Jerman sebagai pengajarnya.

Foto bersama Johny Setiawan, Suryadi Siregar, Dhani Herdiwidjaja, dan mahasiswa serta alumni Astronomi ITB. kredit : langitselatan

Seperti kita ketahui, Johny Setiawan adalah astronom asal Indonesia yang sampai saat ini berhasil menemukan beberapa planet di luar Tata Surya. Yang menarik, planet yang ia temukan itu bukan berasal dari Deret Utama. Salah satu di antaranya adalah planet HIP 13044 atau SErGiO (Star of Extra-Galactic Origin). Sebuah planet yang diketahui bermigrasi masuk ke dalam Bima Sakti setelah galaksi yang ia tempati mengalami tabrakan dan dilahap oleh Galaksi kita atau sederhananya kemudian bergabung dengan Bima Sakti.

Dalam kuliah umum yang diadakan tanggal 8 Desember 2010 Johny memaparkan tentang Riwayat Sebuah Tata Surya, yang dimulai dari astronomi di masa lalu sampai dengan perkembangan astronomi modern beserta instrumentasinya. Selain itu dipaparkan juga mengenai bagaimana sebuah sistem Tata Surya bisa terbentuk dan perjalanan pencarian sistem Tata Surya yang lain atau lebih dikenal sebagai sistem Extrasolar.

Dalam lecture series yang diadakan pada tanggal 9 Desember 2009, Johny lebih spesifik memberikan kuliah tentang pendeteksian planet extrasolar di masa lalu, masa kini dan perkembangannya di masa depan disertai problematika dan tantangan yang harus dihadapi dalam pencarian planet-planet baru tersebut. Apalagi dengan harapan suatu masa kelak bisa menemukan planet serupa Bumi di luar Tata Surya. Lecture series yang terdiri dari 2 buah kuliah itu diakhiri dengan materi Evolusi Sistem Keplanetan yang bercerita tentang pencarian planet-planet baru beserta hasil yang sudah ada saat ini dan prospeknya di masa depan serta kontribusi apa saja yang mungkin diberikan oleh para astronom di Indonesia yang juga tertarik untuk meneliti bintang-bintang yang ada untuk kesempatan menemukan sebuah planet baru.

Kuliah umum dan lecture series yang diberikan oleh Johny Setiawan memberikan sebuah gambaran utuh akan Tata Surya dan Extrasolar Planet yang terus berkembang pesat membawa manusia pada sebuah era baru penemuan planet-planet. Bagaimana tidak. Planet yang dulunya hanya ditemukan pada bintang serupa Matahari dan sebagian besar berukuran Jupiter, saat ini juga ditemukan pada bintang-bintang tua bintang muda dan memiliki ukuran super Bumi.