Beranda » Katai Coklat Yang Mengorbit Bintang Muda

Katai Coklat Yang Mengorbit Bintang Muda

Pencarian sistem baru di alam semesta ini memang tak pernah berhenti. Sistem keplanetan di luar Tata Surya saja sudah mencapai 473 planet yang mengelilingi bintang induknya. Setiap sistem jelas memiliki keunikan tersendiri. Selain  sistem keplanetan. sistem lain yang juga sering dicari dan sudah banyak ditemukan adalah sistem bintang ganda. Jika yang satu, bintang ditemani oleh planet-planet kecil pengikutnya, maka sistem bintang variabel justru si bintang akan ditemani bintang lainnya.

Perbandingan ukuran bintang dan planet. Kredit gambar : Jon Lomberg / Observatorium Gemini

Tapi apa pentingnya dan apa kaitannya dengan manusia? Setiap sistem yang ditemukan jelas punya ceritanya masing-masing dan setiap cerita itu ternyata memberi secercah informasi akan misteri di balik pembentukan Tata Surya. Informasi inilah yang kemudian dirangkai dan dikaji untuk memahami lebih baik lagi bagaimana Tata Surya kita di tahap awal pembentukannya. Informasi tersebut memang bukan satu-satunya tujuan para astronom dalam mempelajari obyek-obyek langit namun setidaknya inilah salah satu yang jadi harapan ketika manusia berhasil menemukan sistem baru yang masih terhitung muda.

Dalam perjalanan menguak isteri langit, kali ini sebuah sistem bintang yang spesial berhasil ditemukan. Sistem bintang ganda yang terdiri dari bintang gagal atau bintang katai coklat dan sebuah bintang muda serupa Matahari berhasil dilihat untuk diteliti lebih jauh.

Sistem Katai Coklat
Sistem bintang ganda yang terdiri dari  bintang muda dan katai coklat ditemukan oleh tim astronomer yang dipimpin oleh Beth Biller dan Michael Liu dari Universitas Hawaii. Tim ini juga dibantu oleh astronom Laird Close serta mahasiswa pasca Eric Nielsen, Jared Males Andy Skemer dari Universitas Arizona. Tim ini menggunakan Near-Infrared Coronagraphic Imager, ataur NICI, yang dipasang pada Gemini-South Telescope 8-meter di Chile. Hasilnya? Sebuah sistem unik beranggotakan katai coklat dan bintang muda serupa matahari yang orbitnya sangat rapat.

Karena jaraknya yang dekat dengan bintang induk, dibutuhkan teknik khusus untuk memisahkan cahaya PZ Tel B yang redup dari cahaya bintang induknya. PZ Tel B dalam pengamatan hanya terpisah 0,33 detik busur dari PZ Tel A atau sama dengan melihat koin pada jarak 11 km.

Apa yang membuat penemuan ini spesial? Bintang gagal atau yang kita kenal sebagai bintang katai coklat dengan massa 36 massa Jupiter dan dinamai PZ Tel B mengitari bintang induknya PZ Tel A hanya terpisah jarak 18 SA atau hampir sama dengan jarak Uranus dan Matahari.

Yang menarik, sebagian besar bintang katai coklat muda dan exoplanet yang ditemukan dari pencitraan langsung memiliki jarak orbit lebih besar dari 50 SA atau lebih jauh dari jarak Pluto ke Matahari yakni 40 SA. Selain jarak yang sangat dekat, beberapa tahun lalu para astronom berhasil mengamati PZ Tel B bergerak dengan cepat keluar dari bintang induk.