Beranda » kumkum markumkum, Langitku Bumiku

kumkum markumkum, Langitku Bumiku

Tengah April yang lalu (17 April 2010), akhirnya sebuah kegiatan bernama kumkum (dalam sebuah rima bernama ‘kumkum markumkum’) terlaksana pada tangga 17-18 April 2010.

Kumkum? Tentunya, ini bukan kumkum dari animasi Jepang, bukan juga dari bahasa Sansekerta; alih-alih, nama kumkum, oleh panitia dipilih karena mempunyai makna sebagai berikut:

KumKum di sini merupakan sebuah ajang kumpul-kumpul bareng berbagai komunitas. Di sini akan ada komunitas blogger, literasi, hobi, astronomi, pencari dana, peduli anak, dan peduli lingkungan. Bahkan juga akan ada komunitas pengamen dan anak jalanan ikut meramaikan.  Maka, kumkum markumkum dapat dimaknai “kumpul-kumpul, mari kumpul-kumpul!”

Maka demikianlah, ada 55 komunitas berasal dari Jakarta-Bandung berhimpun pada acara kumkum, berlangsung di Museum Bank Mandiri. Sebanyak itu organisasi, demikian juga latar belakang kegiatan komunitasnya. Dari komunitas penggemar astronomi saja ada dua, yaitu komunitas langitselatan dan HAAJ (Himpunan Astronomi Amatir Jakarta).

Hal itu mungkin menarik perhatian bagi sebagian orang. Astronomi? Astronomi itu kan berkaitan dengan hal-hal yang jauh menggantung di langit, alih-alih sesuatu yang bisa kita nikmati dalam keseharian? Sepertinya, pengertian astronomi akan seperti itu; tentang sesuatu yang mengawang-ngawang.

Tentunya, komunitas-komunitas pencinta astronomi lahir dan besar dari para pencinta fenomena langit, yang bergiat dalam lingkup kegiatannya; kalau tidak, bukan komunitas namanya. Tapi apakah kemudian kegiatan pencinta astronomi itu mengawang-ngawang? Tentu tidak! Astronomi tidaklah melulu mengenai sesuatu yang jauh mengawang-awang. Alih-alih, astronomi itu mengenai dunia sekitar kita; astronomi adalah tentang kita.

Mari kita bawa astronomi dari semesta yang jauh mendarat tepat ke hadapan kita:

Bulan astronomi global bersama permainan & pendongeng langitselatan

Pertama, bagi penggemar astronomi, tentunya April adalah Bulan Astronomi Global, sebuah kegiatan berastronomi yang diselenggarakan secara global, oleh para pegiat astronomi dari berbagai kalangan, di seluruh muka Bumi. Dengan demikian, ada keceriaan kegiatan astronomi yang ingin dibagikan, tidak hanya oleh penggemar astronomi dari satu negara, tetapi oleh semua penggemar astronomi di seluruh penjuru dunia. Astronomi bagi kegiatan komunitas adalah sebuah keceriaan global. Dari kegiatan berglobal tersebut, kita belajar bahwa kita sebagai manusia adalah warga negara global, tanpa mengenal KTP, paspor, bahkan “SARA”: kita semua berbagi langit yang sama, dan kita menikmatinya bersama, dari tempat yang sama, yaitu Bumi kita, yang hanya satu-satunya.

Kedua, apa saja yang dilakukan pegiat komunitas? Secara khusus kita tengok yang berlangsung pada kumkum yang baru lalu. Komunitas langitselatan membuka kegiatannya dengan acara bincang-bincang tentang “alien”, bertemakan “Dari Bintang ke Layar Perak”; dengan materi ilmiah, tapi dari sudut pandang peminat film. Campur aduk tentunya, tetapi mengingat pengunjung kumkum yang campur-baur – tumpah-ruah, pemilihan topik film mungkin merupakan medium yang paling universal, karena dari anak kecil sampai eyang jompo, pastilah bisa menikmati film. Jadilah, pada 17 April tersebut, bincang-bincang selama 1 jam 30 menit berlangsung begitu cepat, bahkan mungkin bagi sebagian orang masih dianggap kurang untuk membahas misteri alam semesta kita.