Beranda » Meneropong Keagungan Tuhan

Meneropong Keagungan Tuhan

Wow.. judulnya agak bombastis yah? Itulah judul atau tema acara yang diberikan pada langitselatan saat mengunjungi SD Islam Terpadu Annimah di area Cibaduyut, Bandung pada tanggal 12 September 2009 lalu. Hari itu adik-adik kelas 5 dan 6 SD IT Annimah sedang melaksanakan camp Ramadhan yang diisi dengan kegiatan keagamaan dan juga kaitannya dengan sains.

Dalam camp tersebut, langitselatan berkesempatan untuk berbagi ilmu lewat presentasi tentang Tata Surya dan alam semesta serta pengamatan langit malam. Sayangnya cuaca yang berawan agak menghalangi kelangsungan acara tersebut. Tapi.. sama sekali tidak mengurangi antusiasme adik-adik yang malam itu sangat bersemangat untuk mencari tau bintangnya. Untuk itu, sambil menantikan sang awan beranjak, diadakanlah sesi layar tancap. Tapi yang ditonton bukan film sembarang film.  Langitselatan menampilkan simulasi peta langit malam itu dari stellarium. Yang pasti adik-adik kita ini jadi bersemangat bertanya mana bintangku mana bintangmu.. eh salah rasi bintang dink. Setelah itu dilanjutkan dengan tayangan menjelajah Tata Surya. Rame deh melihat adik-adik menerka-nerka planet apa yang akan datang menghampiri…

Di sela-sela acara layar tancap ini… awan pun mulai menghilang dan kesempatan untuk melihat Jupiter melalui teleskop pun tiba.. antrian yang sempat bubar kembali terbentuk, dan adik-adik SD IT Annimah pun menikmati Jupiter yang malam itu tampak dengan satelit Galileannya. Jam 11 acara pun dilanjutkan dengan istirahat sambil menantikan saat untuk sahur.