Beranda » Peluncuran Prangko IYA 2009 di Indonesia

Peluncuran Prangko IYA 2009 di Indonesia

Pada tanggal 2 Mei, 2009, bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional, bertempat di Observatorium Bosscha, Lembang, Jawa Barat, Prangko Indonesia seri IYA 2009 (Internasional Year of Astronomy/Tahun Astronomi Internasional), secara resmi diluncurkan, sebagai perlambang bahwa Indonesia, bersama-sama dengan masyarakat lain di seluruh dunia ikut serta dalam meramaikan tahun astronomi internasional. Tidak hanya Indonesia, Indonesia adalah negara ke 10 yang meluncurkan prangko bertema IYA 2009.

Peluncuran Prangko tahun Astronomi Internasional di Indonesia. Kredit : Nggieng

Perangko yang pada awalnya hanya sebagai alat pembayaran surat-menyurat, telah menjadi bagian dari edukasi publik, dengan berkembangnya klub pencinta perangko (filatelis); dan hal ini juga beriringan dengan adanya IYA 2009. IYA 2009 yang merupakan peringatan 400 tahun Galileo yang pertama kali mempergunakan teleskop untuk mengamati langit, dan setelah bertahun kemudian, pengetahuan astronomi telah membawa manusia pada kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta kebaikan bagi manusia itu sendiri.

Oleh karena itu seri perangko IYA 2009 terdiri dari perangko dengan gambar-gambar: teleskop yang dipergunakan oleh Galileo, dengan latar belakang Omega Centaury, sebagai perwakilan pengamatan di langit belahan selatan katulistiwa, logo IYA 2009, dan gambar bapak Galileo Galilei, sebagai perintis astronomi modern.

Tentu saja, semangat IYA 2009 bukan saja sebagai peringatan astronomi, tetapi semangat dalam astronomi, yaitu astronomi itu  mewakili semangat umat manusia, untuk meneumukan kembali tempatnya di alam semesta, dan membawa alam semesta itu kedalam hidup kesehariannya di Bumi, sesuai dengan tema besar IYA 2009: yours to discover (kamulah yang menemukan).

Seri Prangko IYA Indonesia.  Kredit : Nggieng
Seri Prangko IYA Indonesia. Kredit : Nggieng
Seri Prangko Tahun Astronomi Internasional di Indonesia.  Kredit : Nggieng
Seri Prangko Tahun Astronomi Internasional di Indonesia. Kredit : Nggieng
Seri Prang Tahun Astronomi Indonesia.  Kredit : Nggieng
Seri Prang Tahun Astronomi Indonesia. Kredit : Nggieng

Acara peluncuran perangko IYA 2009, berlangsung sederhana, dibuka dengan pemutaran film singkat tentang IYA 2009, serta presentasi ringkas dari perwakilan IYA 2009 Indonesia & Direktur Obs. Bosscha, bapak Dr. Taufiq Hidayat. Kemudian dilanjutkan pengantar singkat dari perwakilan rektor ITB, bapak Adang Suherman, mewakili Kementrian Ristek, bapak Nurhidayat, dan mewakili Menkominfo, Asmin Sasminto. Acara diakhiri dengan penandatanganan perangko, dan dilanjutkan pameran astrofilateli, serta beramah tamah.

Pameran Pragko astonomi Indonesia. Prangko yang dikeluarkan saat tahun geofisik internasional 1957-1958. Kredit : Nggieng
Seri prangko perayaan 40 tahun Observatorium Bosscha. Kredit : Nggieng

Bagi peminat filateli, selamat berburu perangko seri IYA 2009, sambil menikmati keindahan alam semesta dalam IYA 2009!

Emanuel Sungging