Beranda » Mungkinkah Kehidupan Terbentuk di Bintang Dingin?

Mungkinkah Kehidupan Terbentuk di Bintang Dingin?

Asal usul kehidupan selalu menjadi kajian yang menarik. Nah, di Bumi diyakini kehidupan berasal dari sup kimia panas. Pertanyaan yang kemudian muncul, apakah sup yang samajuga ada di planet yang mengitari bintang lain?

Studi yang dilakukan teleskop Spitzer milik NASA menunjukan kalau di planet yanng mengitari bintang dingin (lebih dingin dari Matahari) bisa jadi memiliki potensi pembentuk kehidupan yang berbeda. Diperkirakan campuran kimia yang dibutuhkan berbeda dengan di Bumi.

Impresi artis untuk planet muda yang tengah mengorbit bintang dingin. Kredit : NASA

Para astronom menggunakan teleskop Spitzer untuk mencari senyawa kimia prebiotik yang dikenal dengan nama hidrogen sianida, dalam materi pembentuk planet yang berada disekitar bintang dengan tipe berbeda. HIdrogen sianida tersusun oleh adenin yang juga merupakan elemen dasar pembentuk DNA yang ada pada semua organisme hidup di Bumi.

Peneliti berhasil mendeteksi keberadaan molekul hidrogen sianida pada piringan yang mengitari bintang berwarna kuning seperti Matahari, namun mereka tak bisa menemukan komponen yang sama pada bintang yang lebih dingin dan kecil seperti pada bintang katai M yang berwarna kemerah-meraha dan di katai coklat.

Bisa jadi senyawa kimia prebiotik berbeda pada planet yang mengorbit bintang dingin. Bintang muda lahir dlam kepompong debu dan gas yang kemudian memipih menjadi piringan. Debu dan gas di dalam piringan inilah yang menyediakan materi mentah pembentuk planet. Diduga, molekul pembentuk cikal bakal kehidupan di Bumi terbentuk pada piringan tersebut. Molekul prebiotik seperti adenine diduga dibawa dari ruang angkasa ke Bumi saat meteorit menghatam permukaan Bumi saat masih muda.

Nah, mungkinkan kehidupan terbentuk disekeliling bintang lain? Ilaria Pascucci dari Johns Hopkins University, Baltimore, Md beserta rekan-rekannya mencoba mencari jawabannya dengan meneliti piringan tempat terbentuknya planet disekitar 17 bintang dingin dan 44 bintang serupa Matahari. Mereka menggunakan spektograf inframerah milik Spitzer untuk memisahkan cahaya dan mengungkapkan keberadaan senyawa kimia. Usia bintang yang diteliti berkisar antara 1 – 3 juta tahun, usia dimana bintang diperkirakan telah tumbuh. Dalam penelitian ini, yang dilihat adalah perbadingan molekul hidrogen sianida dengan molekul acetylene.

Hasilnya, bintang katai-M dan katai coklat sama sekali tidak menunjukan keberadaan hidrogen sianida sementara 30% bintang yang serupa Matahari justru menunjukan keberadaan molekul tersebut. Menurut Pascucci, cahaya ultraungu yang lebih kuat di bintang serupa Matahari yang mengendalikan tingginya pembentukan hidrogen sianida. Namun pada bintang dingin memang ditemukan moleuk acetylene pada piringan disekitar bintang.

Penemuan ini jelas memberi implikasi pada planet yang saat ini telah ditemukan disekitar bintag katai-M. Sebagian dari planet yang ditemukan diperkirakan lebih besar dari Bumi, dan dikenal sebagai planet super-Bumi. Dari semua planet super-Bumi yang ditemukan tak satupun berada pada area habitasi bintang, dimana air berada pada kondisi cair. Pertanyaannya jika ada planet super Bumi ditemukan di daerah habitasi Bintang, mampukah ia memiliki dan mempertahankan kehidupan?