Beranda » 100 Jam Astronomi : Rekor Maraton Astronomi Sedunia

100 Jam Astronomi : Rekor Maraton Astronomi Sedunia

Cornerstone project 100 Jam Astronomi untuk Tahun Astronomi Internasional 2009 akan menjadi acara sains untuk pejangkauan masyarakat terbesar yang akan diadakan. Lebih dari 1500 kegiatan telah didaftarkan dari lebih 130 negara, dan jumlahnya masih terus meningkat dari hari ke hari. 100 Jam Astronomi merupakan proyek global dan akan menjadi kegiatan berskala besar yang belum pernah dicoba sebelumnya dengan jumlah partisipasi diharapkan lebih dari satu juta partisipan.

100 Jam Astronomi. kredit 100 HA

100 Hours of Astronomy(100HA) atau 100 Jam Astronomi merupakan perayaan tahun astronomi internasional sedunia yang akan diramaikan oleh berbagai acara dan aktivitas yang juga melibatkan masyarakat. 100 HA akan dilaksanakan serentak di seluruh dunia selama empat hari empat malam dari tanggal 2-5 April 2009.  Selama rentang waktu tersebut masyarakat di seluruh dunia akan saling berbagi pengalaman dan juga keindahan saat melihat langit dan semua yang ada di sana.  Bahkan mungkin bagi sebagian orang, ini adalah pegalaman pertamanya untuk mengagumi kemegahan angkasa melalui teleskop. Buat yang lain, ini adalah kesempatan terbaik untuk berbagi pengetahuan dan kegembiraan, yang akan membantu banyak orang memahami dan menikmati keajaiban kosmos.

Selama acara 100 Jam Astronomi, akan diadakan berbagai acara menarik dan diantaranya adalah siaran langsung webcast selama 24 jam dengan tema “Around The World in 80 Telescopes” (“Keliling Dunia dalam 80 Teleskop”) yang akan diadakan mulai tanggal 3 April jam 16.00 bbwi sampai dengan 4 April jam 16.00 bbwi. Acara ini akan mengajak kita berkeliling dunia siang dan malam ke berbagai observatorium di planet Bumi.

Poster 100 Jam Astronomi.
Poster 100 Jam Astronomi. kredit : 100HA

Para pemirsa akan dapat melihat apa yang terjadi di observatorium riset yang ada di negeri mereka atau di negara lainnya di sisi lain Bumi. Pemirsa juga dapat mengirimkan pertanyaan dan surat, menikmati citra terbaru dari kosmos dan menyaksikan apa yang tengah dilakukan astronom saat itu. Teleskop yang akan berpartisipasi adalah, Teleskop yang berbasis di Hawaii yakni Gemini North dan Keck, the Anglo-Australian Telescope, teleskop di Canary Islands, the Southern African Large Telescope, Observatorium di Chili seperti  Very Large Telescope milik ESO, teleskop landas angkasa milik NASA/ESA yakni Hubble Space Telescope, ESA XMM-Newton and Integral, dan masih banyak lagi.

Tak hanya itu, para pemirsa akan diajak menjelajahi benua yang ada di dunia termasuk benua antartika. Webcast tersebut akan disiarkan dari markas besar ESO di Munich, Jerman dengan streaming secara langsung oleh Ustream.tv. Dengan demikian semua orang yang memiliki browser web yang dilengkapi flash akan dapat ambil bagian dari proyek ini dan menikmati siaran langsungnya dari web 100HA.

Stasiun TV, web portal dan pusat kegiatan sains juga dapat menggunakan feed dengan kualitas terbaik dan video player akan dapat diembed ke berbagai website. Perwakilan setiap media yang akan memberikan laporan maupun mewawancarai tim pelaksana acara harus tetap melakukan kontak dengan para pelaksana acara.