Tata Surya Memantul, Dinosaurus Pun Punah Reviewed by Momizat on . Bumi bergerak mengelilingi pusat massanya yang berada dekat Matahari. Dan Matahari bersama seluruh sistem Tata Surya juga bergerak mengelilingi pusat Galaksi. P Bumi bergerak mengelilingi pusat massanya yang berada dekat Matahari. Dan Matahari bersama seluruh sistem Tata Surya juga bergerak mengelilingi pusat Galaksi. P Rating:

Tata Surya Memantul, Dinosaurus Pun Punah

Bumi bergerak mengelilingi pusat massanya yang berada dekat Matahari. Dan Matahari bersama seluruh sistem Tata Surya juga bergerak mengelilingi pusat Galaksi. Pergerakan Matahari di Bimasakti, secara reguler ternyata mengirimkan komet meluncur masuk ke bagian dalam Tata Surya. Akibatnya terjadi tabrakan besar-besaran yang memusnahkan kehidupan di Bumi.

Tabrakan besar yang terjadi 65 juta tahun lalu, yang diperkirakan menjadi pemicu pemusnahan masal dinosaurus dan spesies lainnya pada akhir periode Cretaceous. Kredit gambar : NASA; Don Davis

Itulah hasil penelitian terbaru yang dihasilkan oleh pemodelan terbaru di Cardiff Centre for Astrobiology. Dalam pemodelan itu dilakukan simulasi gerak Tata Surya dan ditemukan kalau geraknya ternyata memantul ke atas dan ke bawah di sepanjang bidang Galaksi. Saat melewati bagian paling rapat dari bidang Galaksi, gaya gravutasi dari area sekitar awan gas dan debu raksasa justru mengubah komet dari jalurnya. Akhirnya komet-komet itu pun tercebur masuk ke dalam Tata Surya, dan sebagian di antaranya mengalami tabrakan dengan bumi.

Diperkirakan, Tata Surya akan bergerak melewati bidang Galaksi setiap 35 – 45 juta tahun dan meningkatkan kemungkinan terjadinya tabrakan dengan komet. Bukti dari kawah yang ada di bumi juga menunjukan kalau Bumi menderita tabrakan itu pada kisaran 36 juta tahun lalu. Dengan demikian bisa dikatakan ada kesesuain yang didapat dari fakta kejadian di bumi dengan hasil pemodelan untuk gerak Tata Surya dalam Bimasakti.

Periode tabrakan besar yang terjadi di Bumi juga bertepatan dengan terjadinya pemusnahan massal dinosaurus 65 juta tahun yang lalu. Dan jika melihat posisi kita di galaksi saat ini, maka saat ini kita sudah berada cukup dekat dengan periode serupa.

Jika kita kembali ke 65 juta tahun lalu, maka bisa dikatakan efek pantulan di bidang galaksi merupakan mimpi buruk bagi dinosaurus, namun ternyata kejadian itu justru menjadi awal baru dari penyebaran kehidupan. Diperkirakan, tabrakan tersebut melepaskan puing-puing berisi mikro organisme ke angkasa dan di seluruh alam semesta.

Sumber : Cardiff News Centre

Astronom Komunikator / Project Manager

astronom komunikator dan pengelola langitselatan yang lahir dan dibesarkan di Ambon. Menggemari sistem keplanetan sebagai kajian utama saat kuliah di Astronomi ITB dan akhirnya sadar ia lebih menyukai dunia komunikasi astronomi lewat media baru di dunia maya. Punya sampingan sebagai Project Manager 365 Days of Astronomy yang memperkenalkan astronomi lewat podcast & Editor Pelaksana di Majalah Astronomi. Jalan-jalan, nongkrong dan makan merupakan kegemarannya selain bermain game dan menulis cerita abstrak plus aktif di Astronomer Without Border, Galileo Teacher Training Project, Universe Awareness dan Global Hands on Universe.

• anam

hai gue lagi nyari temen nih
    siapa aja yg mau entar cari saya di anam _multajam@yahoo.co.id

• rohro

dulu waktu belajar IPA sih bilangnya dinosaurus duluan…. tau deh bener apa gak,,,,, ada gak sih info paling akurat yg bisa dipercaya? tentang bumi dan isi2nya….. perjalanan bumi…… bagaimana bumi bisa terbentuk……. siapa yg paling awal menghuni bumi…. sampe sekarang….. keren bgt kali ya kalo ada buku atau info akurat yg ngulas ini semua….. jd penasaran.

• sofyan

dinosaurus???
    aku sih yakin karena ada penemuan tengkorak binatang itu,,tapi apa benar binatang itu sama seperti tengkorak yang disusun oleh penemu-penemu itu,,mereka cuma berandai-andai aja dan selalu menghubungkan kejadian alam dan cerita nenek moyang mereka,,bukankah itu dongeng sebelum tidur? bukankah nenek moyang mereka sudah mampus semua dan tidak diberi pengetahuan tentang hal itu dan apakah nenek moyang mereka meninggalkan berkas atau foto-foto yang bisa mendukung argumen mereka?mereka kebanyakan tidak mengetahui sesuatu tetapi mereka sebenarnya membuat kerusakan aja dimuka bumi ini?kejadian manusia adalah kejadian yang hak dan benar adanya,,bukankah malaikat telah memperdebatkan kejadian manusia ini dihadapan tuhan?
    dan untuk planet lain selain bumi yang mempunyai kehidupan boleh saja itu terjadi,tapi awal kiamat itu terjadi dari bumi,,dan planet-planet, tatasurya dan galaksi bukankah satu yang padu? artinya kalau dibumi telah kiamat maka seluruh jagat raya ini baik galaksi dan planet-planet lain diluar galaksi kita semua juga akan kiamat dan akan hancur,,itu artinya kita tidak punya peluang untuk tinggal diplanet lain walaupun kita mempunyai kendaraan yang canggih bisa mengantar kesana???
    Tuhan telah mengatakan bahwa dulu langit dan bumi adalah satu yang padu lalu Allah pisahkan keduanya dan begitupulah nantinya Allah akan gulung kembali bumi dan langit menjadi satu yang padu,,itu artinya kalau sudah digulung kembali, tidak ada lagi planet-planet bro,,berpikir,berzikir itu perlu!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

• endi

• F1tr14 R4hm4d4n1

ih, knp sich dinosaurus punah, gak enak tau aq kan ingin lihat dinosaurus,sebellllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllll!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

• uciha itaci

woooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooo terbang ke planet mars ok juga ya hehehehehehehehe hikhikhikhik kwakkwakkwak

• uciha itaci

dimata hari terbang pake jubah sambil makan ayam goreng boleh juga

• KRT.Rudiyanto Hadinagoro SE

mari berfikir menganalisa dan bertafakur/meditasi/yoga/semedi beberapa kata dengan maksud yg sama ..ini bukan kiamat bro cuma fenomena alam terbentuknya bumi dan recycle life..dlam semua kitab sama bahwa TUHAN menciptakan ilmu pengetahuan untuk penterjemahan dari kitab2 yg ada..tapi realistis juga dong.. diluar atmosfer kita banyak kejadian yg selalu mempunyai siklus dan rentang waktunya tidak cuma seumur kita tapi ribuan ratusan ribu bahkan jutaan tahun..kalu siklus ini terulang kebetulan bertepatan dengan kehidupan kita ya perlu kita ketahui bro..carilah ilmu sebanyak2 nya ..tuntutlah ilmu karna takut akan TUHAN…so keep in faith and get information about saints…ndak cuma satu sisi doang ntar limbung…dan nggak bisa terima yg lain..so peace and GOD bless all of us..

• SOFYAN

memang kita manusia harus banyak berpikir yang lebih realistis,,ilmu pengetahuan kita sangat terbatas,,bukan aku meragukan apa yang telah ditemukan oleh orang-orang eropa dengan ilmu pengetahuannya,,tapi bukankah pengetahuan manusia sangat terbatas,,bukankah sampai sekarang tempat tinggalnya golongan ya’juj dan ma’jud (bangsa perusak) mereka tidak pernah temukan,,bukankah ya’juj dan ma’jud itu ada tinggal dibumi kita ini juga cuma mereka ditelah dibentengi oleh tembok besar penghalang oleh raja zulkarnain, dan semua kitab-kitab suci sama-sama menceritakan hal itu,,kalau memang orang-orang eropa itu hebat (Amerika, Jerman, Rusai, Inggris dll) punya pengetahuan dan teropong kecanggihan serta alat yang mampu mendeteksi keberadaan suatu atom dan pancaran radio aktipnya sehingga bisa mereka tebak keberadaan sebuah benda,,,,,,,,kenapa sampai sekarang mereka tidak mampu mendeteksi pancaran radio aktif dari bangsa itu yang sama-sama sampai sekarang masih tinggal dengan kita dibumi ini,,,,,
    kok aneh dinosaurus yang telah punah (menurut mereka) mereka sanggup deteksi,, kenapa bangsa itu yang masih ada sampai sekarang dan bertetangga dengan kita, mereka tidak sanggup deteksi (bukankah ada beberapa peninggalan mereka yang masih tersimpan dimesum mesir)???????

• moniec chantic

kErEn aBiZ cuY!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

• COEY

Mao tanya sama teh Ivie, Dewasa ini bnyak kontroversi tentang kiamat yg akan terjadi pada th 2012, sumber dan dalihnya dari berbagai arah, ada salah satu smber yg mengatakan bahwa Ada planet X yg akan menabrak bumi, tabrakan trsbt akan trjdi tepat nya pada tgl 21-12-2012, Tpi sya dah dpat info dari NASA bahwa berita itu tidak benar, NASA sudah mengecek ke luar angkasa tidak ada tanda2 planet X yang akan menabrak bumi, pertanyaannya, apakah NASA sengaja menutup-nutupi akan hal ini? atau kah emang bner hal trsbt tidak akan trjdi pada abad skarang ini?

• rika

eh kpn si komet mau muncul lg?????????

• adrian

saya tanya om ada manusia di jamana dinosahurus ?

• lucky

dino mati karena matahri tertutup debu sehingga sedikit vegetasi yang bertahan dan rantai makanan terputus

• lucky

manusia tidak ada di jaman dino. dino punah 65 jt tahun lalu sedangkan manusia tertua muncul sekitar 35 juta tahun lalu.
    mohon koreksi jika salah

• lucky

dino punah 65 jt tahun lalu sedangkan manusia tertua muncul 35 jt tahun lalu. selisihnya 25 juta tahun antara dino terakhir dengan manusia pertama.
    mohon koreksi jika salah

• hyukgoo

klo bumi prnah di tabrak komet sgitu gde.a knapa gg ada bkasnya and wlwpun itu udh brlangsung juta.an tahun yg lalu….tp akibat dari itu kn khidupan bumi jd musnah tp knapa smpe skrang bkas yang bnar2 nyata itu gga da????? trus psti bkas kawah itu gde bnget…banget-banget malah…tp sya bngung…kog smpe skarang blom ada bkas/buktinya ya???????hhhmmmm….mmm…..jd pnasaran saya….

• hyukgoo

apa bnar Bumi sedang menunggu jatuhnya asteoid, yang kabarnya gede baget…trus ktanya itu bakal musnahin khidupan bumi?????

• adelwibawa

wow subhannalah kok bisaya aku pengen liat dinosaurus

• keriza

allah telah merencanakan semua ini, segala yg di ciptakan ny pasti da alasan dan sebab ny.. n manusia di beri akal, untuk apa, bagaimana, mengapa allah mnciptakan sesuatu.
    mngkin saja manusia tidak dapat hidup brdampingan dg dinosaurus, oleh krna itu allah mmemusnahkan ny.

• yogi pangestu

dampak bagi tata surya apa saja ?