Beranda » Star Party Bersama Para Siswa

Star Party Bersama Para Siswa

Pada hari Rabu, 9 April 2008, walau hujan menerpa dan disusul langit mendung, antusiasme siswa siswi SD St. Theresia dari Jakarta untuk terus menikmati indahnya langit malam dan mengenal kemegahan semesta tidak terkikis. Star Party bersama SD St. Theresia di Puri Setiabudi malam itu terus berjalan, walaupun kendala hujan menghadang. Presentasi, portable planetarium show, serta kegiatan belajar mneggunakan teleskop dan peta bintang tetap dilaksanakan.

Suasana diskusi Tata Surya. Kredit Foto : Langitselatan

Kegiatan yang menjadi bagian dari rangkaian karyawisata para siswa kelas 5 SD tersebut memang menyertakan rangkaian star party sebagai bagian dari pengenalan alam semesta yang biasa diperkenalkan dalam IPA.

Topik Pengenalan Tata Surya diangkat sebagai materi pembuka, yang ternyata menjadi gerbang diskusi untuk memuaskan keingintahuan para siswa. Planetarium mini yang dipertunjukan dalam tenda dome juga tak kalah menarik. Siswa diajak untuk menikmati langit di dalam tenda dan tidak hanya belahan langit selatan, tapi mereka juga bisa menikmati langit utara, bahkan melihat bagaimana pergerakan bintang-bintang setiap malam. Tak lupa, mereka pun diberi kesempatan untuk menikmati indahnya bintang yang bergerak di daerah kutub utara.

Tenda dome gelap yang digunakan untuk pertunjukan planetarium mini. Kredit foto langitselatan
Planetarium Show di bawah tenda. Kredit Foto : Langitselatan

Diselingi acara barbeque, para siswa menikmati kegembiraan malam itu sambil mempelajari bagaimana menggunakan peta bintang dan teleskop. Menjelang tengah malam, walau sudah waktunya tidur, antusiasme guru dan siswa masih terus terasa. Dan ketika jam menunjukan pukul 22.00 WIB, langit pun mulai menampakan keindahannya. Awan yang tadinya merata menutupi langit mulai bergeser, memberi kesempatan pada para pengamat langit untuk menikmati gemerlap taburan cahaya bintang. Akhirnya, pukul 22.30, para siswa, guru dan orang tua mendapat kesempatan untuk mengamati bintang dan planet menggunakan teleskop. Indahnya Saturnus pun bisa dinikmati malam itu.

Belajar menggunakan peta bintang. Kredit Foto : Langitselatan