fbpx
langitselatan
Beranda » Peluang Asteroid Menabrak Mars Meningkat 4%

Peluang Asteroid Menabrak Mars Meningkat 4%

Mars dan asteroid. kredit : NASA

Kesempatan anda untuk melihat tabrakan di Mars semakin besar. Tak percaya? Kalau minggu lalu saat pertama kali dirilis, 2007 WD5 hanya memiliki kemungkinan 1 berbanding 75 untuk menabrak Mars, kali ini kemungkinan itu meningkat jadi 1 berbanding 25. Atau bisa dikatakan kemungkinan tabrakan meningkat dari 1,3 % jadi 3,9 %.

Perkiraan ini diketahui dari 3 foto pengamatan asteroid 2007 WD5 yang diambil tanggal 8 November 2007, sebelum penemuan dari Catalina Sky Survey Team. Dari pengamatan tersebut, orbit 2007 WD5 bisa “diperhalus” arah geraknya dan ketidakpastian pertemuan dengan Mars di bulan Januari bisa ditinjau lebih seksama. Hasilnya, terjadi peningkatan 3,9% ( sekitar 1 berbanding 25). Ketidakpastian area dalam pertemuan dengan Mars yang tadinya lebih dari 1 juta km, sekarang mengecil menjadi 400.000 km.

orbit 2007 WD5
Posisi asteroid 2007 WD5 saat ini. Kredit foto : JPL NASA
Perbaharuan ketidakpastian area pertemuan asteroid & Mars. Kredit gambar : JPL NASA

Walaupun masih saja terdapat ketidakpastian area perpotongan saat terjadi pertemuan, namun tabrakan itu tetap masih bisa terjadi. Dan jika tabrakan tersebut terjadi, 2007 WD5 akan menabrak dengan kecepatan 8,5 mil/detik (14 km/detik) dalam waktu hanya beberapa menit pada tanggal 30 Januari 2007 jam 10:56 UT (17:56 wwib) dengan ketidakpastian beberapa menit.

sumber : JPL NASA

Baca juga:  Materi Organik di Satelit Saturnus, Enceladus
Avivah Yamani

Avivah Yamani

Tukang cerita astronomi keliling a.k.a komunikator astronomi yang dulu pernah sibuk menguji kestabilan planet-planet di bintang lain. Sehari-hari menuangkan kisah alam semesta lewat tulisan dan audio sambil bermain game dan sesekali menulis makalah ilmiah terkait astronomi & komunikasi sains.

Avivah juga bekerja sebagai Project Director 365 Days Of Astronomy di Planetary Science Institute dan dipercaya IAU sebagai IAU OAO National Outreach Coordinator untuk Indonesia.

Tulis Komentar

Tulis komentar dan diskusi di sini