fbpx
langitselatan
Beranda » Sistem Kalender dan Penentuan Tanggal Minggu Paskah Secara Astronomi

Sistem Kalender dan Penentuan Tanggal Minggu Paskah Secara Astronomi

Kalender adalah sistem penentu waktu yang memiliki arti sangat penting dalam kehidupan masyarakat.

Penanggalan Paskah sampai tahun 2050. Kredit: Wikimedia

Sebagaimana pada masyarakat petani, kalender diperlukan sebagai penentu waktu bercocok tanam, berdasarkan tanda-tanda alam, seperti posisi bintang di langit; masyarakat modern memerlukan kalender sebagai alat bantu yang penting dalam kehidupannya, seperti tanggal perayaan ulang tahun, jadwal libur dan bekerja, atau waktu membayar tagihan-tagihan.

Kalender modern yang kita gunakan saat ini disebut sebagai kalender masehi, dan deret waktu tahunannya, (tahun 1), diasumsikan dari tahun kelahiran Yesus Kristus.

Berdasarkan pembagian tersebut, sebelum tahun 1 disebut sebagai SM (Sebelum Masehi), BC (Before Christ), atau BCE (Before Common Era), dan sesudahnya sebagai M (Masehi), AD (Anno Dominii), atau CE (Common Era). Setiap tahun terbagi menjadi bagian-bagian yang disebut sebagai bulan, sejumlah dua belas bulan dalam satu tahun, dan tiap bulan terbagi antara 28-31 hari.

Berdasarkan ilmu astronomi, sistem kalender masehi ditetapkan dari peredaran Bumi mengelilingi Matahari, (sistem kalender solar). Jika matahari berada dari ufuk terbit, sampai terbenamnya disebut sebagai satu siang hari, dan kebalikannya dari terbenam sampai terbitnya lagi disebut sebagai satu malam hari. Tetapi tidak semua sistem kalender menerapkan sistem solar, sebagaimana kalender Islam, menerapkan sistem perederan Bulan mengelilingi Bumi (sistem lunar), atau sistem kalender Yahudi dan Babilonia menerapkan sistem kombinasi Bulan Matahari. Sistem-sistem ini sampai sekarang juga masih sering dipergunakan sebagai keperluan keagamaan.

Sistem kalender solar berjumlah 365 hari dalam satu tahun dan 366 hari untuk tahun kabisat. Dalam satu tahun terbagi menjadi 12 bulan, yang dinamai dari Januari, sampai Desember, dan tiap bulannya berjumlah antara 30-31 hari, kecuali Februari berjumlah 28 hari dan 29 hari untuk tahun kabisat. Penentuan tahun kabisat ini muncul karena pada kenyataannya Bumi mengelilingi Matahari dalam satu kali revolusinya (satu putaran penuh), selama 365,242199 hari (365 hari, 5 jam, 48 menit, 46 detik), sehingga untuk mengatasi permasalahan kelebihan hari tersebut, ditetapkan adanya tahun kabisat setiap empat tahun, yaitu pada tanggal 29 Februari, untuk tahun kelipatan empat (pada tahun biasa, seperti 1992, 1996, 2000), dan harus kelipatan 400 untuk tahun abad (contohnya tahun 2000, tetapi 1900 dan 2100 bukan, karena bukan kelipatan 400).

Kalender masehi telah digunakan semenjak jaman Romawi, dan mulai menerapkan sistem yang hampir serupa dengan sistem masehi, yang juga berdasarkan astronomi, semenjak Julius Caesar. Pada saat itu berdasarkan pengamatan astronomi, jarak satu tahun diterapkan sebesar 365,25 hari, lalu dibagi menjadi 12 bulan, dan sistem ini disebut sebagai kalender Julian, berdasarkan nama Julius Caesar. Tetapi karena perhitungan yang belum terlalu teliti, efek kumulatif kesalahan perhitungan menyebabkan sampai sekitar tahun 1500-an, kalender telah mengalami pergeseran sampai 10 hari. Untuk mengatasi permasalahn tersebut, pada tahun 1582 AD Paus Gregorius XIII, mengatur lagi penanggalan dengan mengubah dari tanggal 4 Oktober 1582 AD, keesokan harinya menjadi 15 Oktober 1582 AD, serta melengkapi perhitungan dengan menyatakan adanya sistem kabisat, untuk tahun kelipatan empat, dan harus kelipatan 400 untuk tahun abad. Meskipun sistem ini pada awalnya diterapkan pada negara-negara yang menganut agama Katholik, dan sistem kalendernya disebut sebagai kalender Gregorian, tetapi karena sistem ini cukup bagus dalam penentuan waktu, seiring perkembangan dunia, mulai menyebarkan dan diterapkan di seluruh dunia.

Baca juga:  Selayang Pandang Pranata Mangsa

Bagi umat Kristiani, penentuan jatuhnya hari Paskah masih ditentukan berdasarkan sistem lunar. Penanggalan Paskah ditujukan untuk memelihara dan mengenang saat yang diharapkan sama, baik saat bulan purnama yang terjadi, musim yang sama, pada tiap tahunnya, dengan saat kebangkitan Yesus Kristus.

Secara ilmiah, jatuhnya hari minggu Paskah diperoleh berdasarkan perhitungan astronomi, yang telah dirumuskan dari Konsili Gereja (Katholik) di Nicaea tahun 325 AD. Kebangkitan Yesus Kristus ditetapkan terjadi di sekitar bulan purnama, sehingga hal tersebut diterapkan sebagai patokan. Alih-alih memanfaatkan bulan purnama penuh, yang membutuhkan pengetahuan tentang orbit bulan secara akurat, maka diperkenalkan suatu bulan imajiner, yang disebut sebagai bulan purnama ecclesiastic, yang tanggalnya telah diperhitungkan secara matematis. Kesulitan perhitungan bulan purnama adalah: pertama, penentuan terjadinya bulan purnama secara global, sebagai contoh, jika bulan purnama jatuh pada hari minggu di Sidney, tetapi masih hari Sabtu di London, bisa menyebabkan jatuhnya Paskah akan berbeda hari, dan yang kedua adalah kenyataan di alam menunjukkan bahwa orbit Bulan tidaklah selalu stabil, sebagaimana perhitungan matematis, karena ada faktor gangguan orbit, baik oleh Matahari, maupun planet-planet besar, sehingga sulit menentukan orbit Bulan secara tepat. Oleh karena itu bulan purnama eccelsiastic merupakan juga tanggal terjadinya bulan purnama, tetapi bukan berdasarkan pengamatan, tetapi didasarkan pada perhitungan matematis adanya bulan purnama, dan terjadi dalam paling tidak dalam selang tiga hari, sebelum atau sesudah bulan purnama yang sebenarnya. Berdasarkan Konsili tersebut, dan dari hasil perumusan astronomis-nya, maka Minggu Paskah dinyatakan sebagai:

“Hari Minggu Pertama setelah adanya Bulan Purnama Ecclesiastic, dan bulan purnama tersebut terjadi pada atau sesudah titik balik musim semi (Vernal Equinox), secara astronomi ditetapkan tanggal 21 Maret.”

Keterkaitan antara penentuan Minggu Paskah dan ilmu astronomi dapat dipahami sebagai berikut: pertama, bulan purnama ecclesiastic, merupakan pendekatan bulan purnama yang sebenarnya (bulan purnama astronomi), sehingga Minggu Paskah terjadi di sekitar bulan purnama astronomi, tetapi tidak ada keterkaitan dengan bulan purnama astronomi. Kedua, titik balik musim semi secara astronomi adalah satu hari ketika Matahari tepat berada sejajar dengan ekuator Bumi, sehingga panjang siang dan malam adalah sama, dan pada kenyataan di alam terjadi di antara tanggal 18-22 Maret, tetapi karena untuk penanggalan Minggu Paskah ditetapkan pada tanggal 21 Maret, maka penanggalan Paskah tidak lagi terkait dengan titik balik musim semi astronomi, dan dengan demikian maka penanggalan Minggu Paskah akan selalu sama untuk berbagai tempat di Bumi, bergantung pada zona waktu dunia.

Berikut ini ditampilkan tanggal hari MingguPaskah sampai dengan tahun 2010:

March 31, 2002 April 20, 2003 April 11, 2004
March 27, 2005 April 16, 2006 April 08, 2007
March 23, 2008 April 12, 2009 April 04, 2010

Avatar photo

Emanuel Sungging

jebolan magister astronomi ITB, astronom yang nyambi jadi jurnalis & penulis. Punya hobi dari fotografi sampe bikin komik, pokoknya semua yang berhubungan dengan warna, sampai-sampai pekerjaan utamanya adalah seperti dokter bedah forensik, tapi alih-alih ngevisum korban, yang di visum adalah cahaya, seperti juga cahaya matahari bisa diurai jadi warna cahaya pelangi. Maka oleh nggieng, cahaya bintang (termasuk matahari), bisa dibeleh2 dan dipelajari isinya.

6 komentar

Tulis komentar dan diskusi di sini

  • Aku pengan tahubeberapa hal terkait artikel ini.

    Berapa tahun siklus Vernal Equinox terjadi?

    Misalkan tahun 2008 ini terjadi pada minggu ke-12, maka berapa tahun lagi ia akan jatuh pada minggu ke-12?

    Bagaimana pula cara menghitungnya?

    Berapa hari pergeseran Vernal Equinox pada tahun berikutnya?

    Tolong dijawab ya!

  • buat Majin13, Vernal Equinox itu bisa dipahami sebagai ‘tahun baru tropis’, yang artinya adalah satu siklus matahari, dimana pada saat itu panjang siang dan malam adalah sama untuk semua lintang, pada saat itu maka Matahari tepat berada pada atas kepala kita. Jadi itu akan selalu ada untuk setiap tahun (yang dikenal juga sebagai titik balik musim semi). Besarnya satu tahun tropis itu adalah: 365.24219. Karena angka tersebut tidak bulat, maka memunculkan yang namanya tahun Kabisat, sebagai pembulatan dari pecahan yang muncul tadi. Untuk suatu vernal equinox kembali pada waktu yang sama dibutuhkan waktu 400 tahun.

    Perhitungan disini untuk menghitung Vernal Equinox? Dibutuhkan pengetahuan tentang sistem kalender astronomi (dikenal sebagai penanggalan Julian/Julian Date), dan memenuhi rumus:

    365.2421896698 – 0.00000615359 T – 7.29E-10 T^2 + 2.64E-10 T^3 (hari)

    T = (JD – 2451545.0) / 36525 (JD = angka tanggal Julian)

    semoga menjawab 🙂

  • Secara ilmiah, jatuhnya hari minggu Paskah diperoleh berdasarkan perhitungan astronomi, yang telah dirumuskan dari Konsili Gereja (Katholik) di Nicaea tahun 325 AD.

    Apakah tidak salah dimulai dalam rumusan konsili gereja katlok di Nicea? Sebab penanggalan Paskah Katolik yang diikuti oleh orang-orang protestan sangat berbeda dengan penaggalan paskah Kristen Orthodox. Sebab juka rumusan tersebut ada pada tahun 325 M, tentulah penanggalan antara Gereja Barat dan Gereja Timur adalah sama.

  • Bagi yang membutuhkan kalender 2010 lengkap beserta prakiraan hari libur nasional serta kalender jawa, hijriyah qomariyah, hijriyah syamsiyah, pranoto mongso serta neptu, silahkan klik di http://moeidzahid.site90.net

  • Izin bertanya, bagaimana perumusan mencari vernal equinox ??
    Bisa diberikan literaturnya juga,…

    Terima kasih